Tuesday, August 03, 2010

Banjir Satui Telan 3 Orang

 

Banjarmasinpost.co.id - Minggu, 25 Juli 2010 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN -  Air bah memorak-porandakan Kecamatan Sati, Tanahbumbu. Hingga Sabtu (24/7) malam, ribuan orang hidup dalam pengungsian ke berbagai tempat yang berada di dataran tinggo
Banjir yang terjadi sejak Jumat (23/7) itu menerjang tujuh desa. Air dengan ketinggian dua meter itu mengakibatkan tiga orang yakni Beni (25), Galuh (35) dan Jufri (75) tewas ditelan arus. Tiga orang lain yang belum diketahui identitasnya, 'hilang'.     
Kabag Humas Pemkab Tanbu, Ardiansyah mengungkapkan berdasarkan data sementara jumlah korban banjir sebanyak 3.198 kepala keluarga (KK). "Sebagian korban telah dievakuasi sejak Sabtu dini hari oleh dinas sosial yang dibantu oleh lembaga organisasi kemasyarakatan dan warga," ujarnya.
Data berbeda disampaikan Kasi Pemerintahan Kecematan Satui, Fuadi. Dia mengatakan warga yang menjadi korban banjir sebanyak 2.500 KK.
Perbedaan data juga berlaku pada korban tewas dalam musibah akibat hujan deras yang terus menurus turun dalam sepekan terakhir itu. Berdasarkan data di Posko Banjir Satui, dua korban tewas adalah Beni (25) dan Galuh (35). Sedangkan data dari Ardiansyah, yang tewas adalah Jufri (75) dan Galuh (35).
Berdasar pantauan BPost, air di desa-desa itu hampir mencapai atap rumah. "Titik tertinggi air mencapai 2,5 meter. Itu terjadi pada pukul 04.00, Sabtu subuh," ujar seorang relawan di posko banjir.            
Untuk mengetahui kondisi di lapangan Bupati Tanbu Zairullah Azhar dan Danrem 101/Antasari, Heros Paduppai melakukan peninjauan sekaligus mengoordinasi penanganan dan pendistribusian bahan makanan dan kebutuhan lain untuk pengungsi.
"Banjir ini karena hujan yang sangat lebat selama sepekan terakhir. Selain itu, banjir ini siklus lima tahunan. Terakhir
pada 2006 lalu," kata Zairullah.

No comments: