Tuesday, August 03, 2010

Korban Banjir Masih Trauma

Banjarmasinpost.co.id - Selasa, 3 Agustus 2010

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Terjangan air bah pada empat desa di Kecamatan Pulaulaut Utara, Kotabaru, Minggu (1/8), tidak hanya merobohkan pagar SDN 2 Semayap, dan merusak puluhan barang elektronik, namun juga menghancurkan kaca Gedung olahraga (GOR) Kotabaru.

Peralatan meja kursi berhamburan akibat banjir di sekitar gelanggan olah raga yang tingginya mencapai lebih dari satu meter.

Beruntung bangunan yang akan dipergunakan untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel itu tidak mengalamai kerusakan. Namun lumpur sisa banjir menggenangi hampir seluruh lantai.

"Dalam setahun kejadian seperti ini sudah kali keempat. Untung tidak merusak gedung, padahal gedung baru saja diperbaiki untuk persiapan," kata salah satu penjaga gedung.

Melan warga Desa Semayap RT 3, Kotabaru, mengaku masih trauma dengan jebolnya pagar beton Kantor Perpustakaan Daerah yang tidak mampu manahan tekanan air bah.

Untung saja, kata dia, luapan air bah tersebut tidak menghancurkan rumahnya. Meski begitu barang elektronik dia dan milik tetangganya dipastikan rusak akibat terendam air.

"Kami tidak sempat lagi menyelamatkan barang. Sebenarnya sebelum dinding pagar jebol, air yang masuk ke rumah tidak seberapa, makanya barang-barang tidak kami pindah," katanya.

Melan mengaku, meski air bah tidak mencelakai dia dan keluarganya, namun banjir tersebut merupakan terbesar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Menurut dia, itu disebabkan karena dataran tinggi seperti Gunung Sebatung yang tidak mampu lagi menyerap air air hujan, karena hutannya sudah gundul akibat penebangan liar.

"Apalagi kalau Pulaulaut jadi ditambang, banjir bisa lebih besar dari sekarang ini. Karena itu saya menolak rencana itu. Kalau mereka (penambang) enak, setelah menambang Pulaulaut mereka pulang ke daerah masing-masing," ujar Melan.

Banjir yang melanda Kotabaru itu menyebabkan siswa SDN 2 Semayap, terpaksa diliburkan. Ruang kelas tidak mungkin digunakan untuk kegiatan belajar. Pasalnya lumbur sisa air bah masih menggenangi ruangan itu.

Namun siswa bukannya pulang, mereka diminta pengajar membersihkan lumpur sisa banjir yang menempel di lantai itu.  (sah)  Terjangan air bah menyebabkan puluhan mater pagar beton sekolah ambruk.

(sah)
Banjir Kotabaru
----------------
- Kaca GOR hancur
- Pagar SDN Semayap 2 roboh
- Pagar Gedung Perpustakaan Daerah roboh
- Ribuan rumah terendam

No comments: