Thursday, February 19, 2009

Jalan Trans Kalimantan Longsor

Friday, 09 January 2009
AMUNTAI-Banjir yang melanda Kabupaten HSU meninggalkan kerusakan berbagai infrastruktur di daerah ini. Tidak hanya rumah warga yang terendam, sekolah, jembatan dan jalan serta fasilitas publik lainnya, tidak luput dari luapan air sungai Balangan dan Tabalong ini.

     Akibatnya, terjadi kerusakan diberbagai bidang, khususnya jembatan dan jalan-jalan baik jalan desa, kabupaten dan provinsi salah satunya yang terparah adalah terjadi di Desa Tambalangan Ulu, Kecamatan Amuntai Tengah.

     Jalan trans Kalimantan yang merupakan jalan penghubung antara provinsi ini sempat mengalami longsor, mengakibatkan bagian aspalnya hancur dan membentuk lubang segi empat yang dilalui arus air dari sungai Tabalaong, sehingga jalan sangat sulit untuk dilalui lantaran terputus akibat longsor tersebut.

     Akibatnya, arus lalu lintas menuju Kabupaten Tabalong ini atau sebaliknya sangat terganggu, sebab lubang yang terbentuk akibat longsor sangat dalam dan sangat membahayakan pengguna jalan.

     Sejak terjadinya longsor beberapa waktu lalu, terdapat dua buah mobil angkutan membawa gula pasir yang terbalik saat mencoba menerobos jalan tersebut, sehingga menimbulkan kemacetan mencapai 1 km.

     Beberapa kalangan warga mengharapkan agar pemerintah dalam waktu dekat bisa memperbaiki secara kesluruhan agar akses jalan dapat normal kembali, jangan sampai jalan mengalami kerusakan parah dan tidak bisa dilalui sama sekali, sehingga sangat menghambat masyarakat yang akan menggunakan jalan penghubung itu

     Linda salah seorang pengguna jalan yang sempat terjebak macet mengaku sangat terganggu dengan rusaknya jalan ditempat itu. Sebab untuk melaluinya pengendara mesti bergantian dan harus berhati-hati kalau tidak ingin celaka.gus/mb03
Comments    

1 comment:

Unknown said...

Buhan ikam tu badiaman ja kah.* ITU AKIBAT LUAPAN DANAU BATU BARA DI DAERAH HULU.