Thursday, September 11, 2008

Korban Banjir Dapat Bantuan

Jumat, 12 September 2008

BATULICIN,- Pemkab Tanbu menyerahkan bantuan bagi korban banjir di Desa Kusambi Kecamatan Batulicin, Selasa (9/9), kemarin. Selain dari Pemkab, bantuan tersebut juga berasal dari para dermawan yang ingin membantu meringankan derita mereka.

Bantuan antara lain mie goreng, beras, air mineral, ikan kering/kaleng dan selimut.

Wakil Bupati Tanbu H Abdul Hakim, Asisten Bidang Pemerintahan Drs H Akhmad Soemardi, Kadissosnakertrans Drs Saptono Soemadi, Camat Batulicin Mariyadi Noor, serta dari Dandim 1004 Kotabaru-Tanbu juga ikut menyerahkan bantuan kepada warga yang mengungsi ditenda pengungsian.

Sementara itu, bantuan obat-obatan dari Dinas Kesehatan Tanbu serta air bersih dari PDAM Tanbu juga disiagakan di lokasi pengungsian. Dengan menggunakan perahu SAR, Asisten Bidang Pemerintahan didampingi Kadinsosnakertrans Tanbu beserta rombongan mengunjungi lokasi rumah warga yang terendam banjir.

Dalam kunjungannya, Asisten Bidang Pemerintahan menyempatkan diri untuk memasuki rumah warga yang terendam sambil mengajak berdialog.

Ditengah-tengah kunjungannya itu, rombongan bertemu dengan seorang ibu yang mau melahirkan. Dengan segera, Ibu Jamilah (27) yang berusaha menahan rasa sakit karena ingin melahirkan anak ketiganya langsung dibawa untuk dilarikan ke RS Amanah Husada Batulicin dengan menggunakan Mobil Puskesmas Keliling dari Dinas Kesehatan Tanah Bumbu.

Sementara itu, pantauan wartawan koran ini, anggota tim Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi tampak sibuk melayani pengungsi, baik itu melakukan aktifitas memasak untuk persiapan berbuka puasa maupun mendirikan tenda-tenda pengungsian.

Menurut Camat Batulicin Mariyadi Noor, warga yang mau mengungsi dan meninggalkan rumah mereka hanya sebagian saja, padahal air semakin meninggi.

“Mereka enggan meninggalkan rumah karena takut hasil panen padi mereka dicuri orang. Padahal, kami sudah menyiapkan perahu SAR untuk mengangkut warga yang rumahnya terendam banjir,” katanya.

Dikatakannya, akibat musibah banjir itu, sebanyak 469 KK dengan 1762 jiwa di Desa Kusambi rumahnya terendam air. Rinciannya, RT 01 sebanyak 92 KK dengan 355 jiwa, RT 02 sebanyak 54 KK dengan 192 jiwa. Kemudian, RT 03 sebanyak 61 KK dengan 235 Jiwa, RT 04 sebanyak 74 KK dengan 249 jiwa, RT 05 sebanyak 93 KK dengan 363 jiwa, dan RT 06 sebanyak 95 KK dengan 368 jiwa. Sementara itu, ketinggian air di dalam rumah warga mencapai setengah meter. (kry)

No comments: