Wednesday, September 10, 2008

Jalan Terputus Lima Jam

Selasa, 09-09-2008 | 01:20:30

• Banjir di Tanah Bumbu Meluas
BATULICIN, BPOST - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tanah Bumbu selama beberapa hari terakhir membuat banjir di sebagian kabupaten termuda di Kalsel itu makin parah.

Sampai Senin (8/9), setidaknya lima kecamatan terendam banjir sehingga membuat Kabupaten Tanah Bumbu seakan dikepung air. Daerah yang terendam adalah, lima desa di Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan Satui, satu desa di Kecamatan Karang Bintan dan Kusan Hulu serta dua desa di Kecamatan Mantewe.
Di Kecamatan Satui, genangan air masih tinggi. Warga banyak yang tinggal di masjid atau bertahan tinggal di rumah-rumah sanak saudara mereka. Kecamatan Satui berbatasan dengan Kabupaten Tanah Laut. Jalur utama lewat darat keluar kota Batulicin tertutup banjir.
Begitupula di wilayah Kecamatan Mantewe maupun Kecamatan Karang Bintang, air belum juga surut. Kecamatan Mantewe berbatasan dengan Kabupaten Banjar dan HSS.
Banjir paling parah terjadi di jalan Banjarmasin-Batulicin di  Desa Sebamban Lama dan Sebamban Baru, Kecamatan Sungai Loban. Jalan sempat putus sekitar 5 jam sejak pukul 04.00 Wita.
Air setinggi dada orang dewasa mengadang pengendara dari Batulicin tujuan Banjarmasin dan sebaliknya. Antrean panjang kendaraan bermotor mencapai satu kilometer baik dari arah Batulicin maupun dari arah Banjarmasin.
Para pengemudi memilih bertahan karena takut kendaraanya tersereta arus. Selain genangan air mencapai 1 meter di atas badan jalan, arus air yang memotong jalan raya provinsi tersebut juga sangat deras. Apalagi, di kawasan tersebut satu minggu lalu dengan kejadian yang sama meminta korban jiwa.
Setelah menginjak siang, para sopir mulai memberanikan diri menerjang arus yang memutus akses jalan tersebut. Meski begitu, untuk kendaraan jenis sepeda motor maupun kendaraan yang berukuran kecil dan rendah hingga sore tetap tidak bisa menembus jalan tersebut.
“Mau diterobos terus mengerikan. Arusnya deras sekali, dan airnya juga sangat tinggi. Kami masih trauma, dengan kejadian minggu lalu yang tewas terseret arus,” ujar, Dharma salah seorang sopir ekspedisi.
Kejadian serupa juga terjadi di wilayah Km 39 kecamatan Mantewe Tanah Bumbu. Akses utama jalur darat tujuan Batulicin-Kandangan, Barabai maupun Rantau terhambat.
“Memang genangan airnya tinggi. Asal tidak deras, kami tidak ketakutan. Kami tetap melayani penumpang, meskipun jalanuua sedikit pelan-pelan  karena licin,” kata Aminudin, seorang sopir angkutan tujuan Batulicin-Kandangan.
Sampai kemarin, Pemkab Tanah Bumbu belum memberikan bantuan bagi warga korban banjir. (coi)
Daerah Dilanda Banjir
• Kecamatan Kusan Hilir (Desa Saring Sungai Binjai, Desa Salimuran, Desa Satiung, Desa Mekar Jaya dan Desa Pulau Panjang)
• Kecamatan Satui (Desa Sungai Danau, Desa Pasar Bawah, Desa Satui Barat, Desa Satui Timur, sebagian wilayah Desa Jombang)
• Kecamatan Karang Bintang (Desa Karang Bintang)
• Kecamatan Mantewe (Desa Mentawakan Mulya dan Dukuh Rejo)
• Kecamatan Kusan Hulu (Desa Hatiif)

Lihat Komentar (0)

No comments: