Wednesday, September 17, 2008

Kesbanglimas Siaga Antisipasi Bencana

Kamis, 18 September 2008
KOTABARU,- Untuk mengantisipasi terjadinya musibah yang berawal dari kelalaian dan bencana alam, Dinas Kebanglinmas Kotabaru telah bersiaga. Sebab, kemungkinan besar musim sekarang ini sudah memasuki musim panas, sehingga rawan terjadi bahaya yang tak terduga.

Kepala Kesbanglinmas Drs H Syajidan mengatakan, saat ini pihaknya terus bersiaga dan selalu melakukan patroli pada beberapa tempat. Bahkan, pasukan pemadam kebakaran juga disiagakan sampai lebaran mendatang.

“Selain itu, kami juga sudah menyampaikan kepada seluruh camat, jika di daerahnya terjadi bencana agar segera melaporkan musibah tersebut melalui SMS yang sengaja disediakan dan aktif selama 24 jam,” jelas Syajidan kepada wartawan.

Lebih jauh Syajidan menjelaskan, untuk Kabupaten Kotabaru memang ada beberapa titik-titik yang rawan bencana alam seperti banjir dan longsor pada musim hujan ini. Seperti di Kecamatan Hampang, Kelumpang Barat, Sampanahan, dan Pamukan Utara. Semua kawasan tersebut rawan terjadi bencana pada saat musim hujan. Sehingga semua kawasan rawan bencana tersebut selalu mendapat perhatian untuk mencegah terjadinya korban jiwa.

“Untuk antisipasinya kita sudah melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan-perusahaan besar yang ada di Kotabaru, seperti PT Indocement Tunggal Perkasa, PT Arutmin Indonesia, dan PT SIlO. Di samping itu pasukan relawan Tagana juga siap selalu memberikan bantuan jika terjadi bencana,” lanjutnya.

Sementara untuk mencegah bencana yang berawal dari kelalaian manusia, Syajidan menambahkan akan terus melakukan imbauan-imbauan kepada orang tua ataupun ibu-ibu yang akan pergi salat tarawih agar memeriksa kembali kompor ataupun lampu yang menggunakan bahan bakar minyak. “Begitu juga dengan petasan, kita akan terus mengimbau orang tua untuk bisa mengingatkan anak-anaknya agar jangan main petasan, selain mengganggu orang beribadah juga dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. (ins)

No comments: