Friday, September 19, 2008

Gubernur Janji Kaji Bersama Atasi Banjir

Sabtu, 20 September 2008 13:29 redaksi

BANJARMASIN - Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Ariffin, berjanji akan melakukan kajian bersama dengan Balai Besar Bina Marga dan Balai Besar Sumber Daya Air, terkait upaya mengatasi banjir di pesisir timur Kalsel.

"Kita akan mengkaji bersama penyebab dan bagaimana upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk mengatasi bencana banjir di kawasan pesisir timur Kalsel," ujarnya di Desa Sebamban Kampung, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Rabu (18/9).

Pernyataan orang nomor satu di jajaran Pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel itu disampaikan seusai melakukan peninjauan ruas jalan trans Kalimantan lintas selatan yang terkena banjir beberapa waktu lalu.

Menurut Rudy, dari hasil peninjauan di lapangan ternyata ada empat titik di ruas jalan trans Kalimantan lintas selatan yang paling rawan terhadap banjir, mulai dari Kabupaten Tanah Laut, Km 119 hingga Km 206, Kabupaten Tanah Bumbu.

Dari hasil kajian bersama tersebut, kata Rudy, baru bisa diambil langkah-langkah untuk mengatasi banjir yang setiap hujan lebar akan menyebabkan banjir yang cukup deras sehingga mengganggu aktifitas warga masyarakat.

Dia mengatakan, melalui pengkajian bersama tersebut mungkin saja di empat lokasi yang paling rawan banjir tersebut nantinya akan dibangun jembatan layang atau dibuat gorong-gorong yang besar sehingga air cepat sampai ke laut.

Bahkan banjir yang melanda daerah tersebut awal September 2008 lalu, menyebabkan lalulintas lumpuh terutama di empat titik yang paling rawan banjir tersebut, karena ketinggian air lebih dari satu meter di ruas jalan trans Kalimantan.

Seperti diketahui, ruas jalan trans Kalimantan lintas selatan yang terkena banjir tersebut telah sedang dalam tahap pekerjaan dari sejumlah kontraktor, namun belum dilakukan pengaspalan untuk peningkatan kapasitas jalan.

Untuk empat titik yang mengalami kerusakan itu, direncanakan perbaikan teknis, tentunya hal itu merupakan pekerjaan tambahan dari pihak kontraktor.

Ketika melakukan peninjauan ruas jalan trans Kalimantan lintas selatan yang rusak akibat banjir itu, Gubernur H Rudy Ariffin, antara lain didampingi Wakil Bupati Tanah Bumbu, H Abdul Hakim dan Kepala Dinas Kimpraswil Kalsel, Ir HM Arsyadi, ME.

No comments: