Wednesday, August 27, 2008

Jalan Provinsi Terputus Sebamban Lama dan Sebamban Baru Banjir

Rabu, 27 Agustus 2008
BATULICIN - Jalan Provinsi di Desa Sebamban Lama dan Baru, Kecamatan Sungai Loban, digenangi air. Akibatnya, jalur transfortasi yang menghubungkan Banjarmasin-Batulicin, terputus. Puluhan armada angkutan terpaksa ngantri sejak Senin (25/8), pagi hingga sore harinya. Mereka tak dapat lewat hingga menunggu air surut. Baru sekitar pukul 20.00 Wita hingga siang kemarin, jalan bisa dilalui itupun harus dengan hati-hati. Sementara itu, bagi pengendara sepeda motor terpaksa menggunakan jasa kelotok untuk menyeberang.

Menurut keterangan Camat Sungai Loban, Nanang Suwignyo, banjir terjadi sejak Senin (25/8) pagi. Akibat banjir itu, ujar dia, sebanyak 30 rumah warga Desa Sebamban Lama dan Baru tergenang air. Untuk sementara menunggu air surut, para pemiliknya terpaksa mengungsi ke tempat keluarga maupun ke dataran yang lebih tinggi.

Dari pantauan koran ini sendiri, banjir yang terjadi hampir sama dengan tahun 2006 lalu. Rumah dipinggiran sungai juga ikut tergenang air. Di kawasan itu membentuk sebuah danau akibat air yang meluap. Air diperkirakan berasal dari daerah pegunungan hingga membawa air bah yang sangat banyak.

Sampai siang kemarin, Tim Satkorlak dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan personel dari Badan Kesbanglinpemmas turun ke lapangan. Selain memberikan bantuan bahan makanan dan air mineral, mereka juga membantu evakuasi warga yang hendak menyeberang dengan menurunkan satu unit speed boat. Mereka juga dibantu personel dari Polsek Sungai Loban dan kecamatan setempat. Bahkan, Camat Sungai Loban Nanang Suwignyo juga turun langsung ke lokasi banjir. (kry)

No comments: