Sunday, March 23, 2008

Waspada Hujan Deras

Rabu, 12-03-2008 | 00:50:10

Satelit pada Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru memantau peluang hujan ringan sampai deras masih akan terjadi sampai dua hari mendatang. Pemicunya, banyak terbentuknya awan pembentuk hujan yang terjadi akibat pemanasan (awan konveksi).

"Sekarang ini dari data-data yang ada peluang hujan masih akan terjadi. Sejak Rabu (12/3) sampai Kamis (13/3) waspadai hujan dengan intensitas sedang sampai deras karena mulai banyak terbentuk awan konveksi," terang prakirawan BMG Bandara Riza.

Menurutnya, daerah yang perlu ekstra waspada ialah Timur Tenggara Kalsel. Daerah Tanah Laut terutama di sekitar Kintap, Hulu Sungai Selatan, Tapin sampai Batola insensitas hujannya terkategori lebat yakni antara 10-20 mm/jam atau 50-100mm/hari. Berbeda dengan daerah lain meski hujan, insentitasnya sedang antara 5-10 mm/jam atau 20-50/hari.

Hujan-hujan ini bersifat lokal. Ini tergantung dengan kondisi alamnya. Jika terjadi pemanasan di suatu daerah, belum tentu daerah lain mengalami hal yang sama. (niz)

No comments: