Wednesday, February 20, 2008

Banjar Tak Ingin Kecolongan

Senin, 11-02-2008 | 00:50:35

MARTAPURA, BPOST - Peringatan bahaya banjir dan tanah longsor yang mengancam Kalsel seperti disampaikan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BP DAS) Kalsel, membuat Badan Kesbanglinmas Kabupaten Banjar bersiap-siap.

Apalagi, fakta membuktikan, hutan di Kabupaten Banjar dikabarkan telah kritis. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, mencapai 200 hektare yang terdiri dari 50 hektare di kawasan hutan lindung dan 150 hektare di kawasan luar hutan lindung.

Meski sampai hari ini belum ada tanda-tanda datangnya banjir bandang, namun sejumlah posko penanggulangan bencana di kecamatan, terutama di sepanjang aliran sungai Riam Kiwa dan Riam Kanan sudah disiagakan. Kabupaten Banjar tidak ingin kecolongan terjadi banjir bandang dan longsor tanpa persiapan.

Persiapan yang dilakukan meliputi pengecekan sejumlah alat yang biasa digunakan untuk mengevakuasi masyarakat maupun dapur umum untuk para pengungsi. Dari pantauan Badan Kesbanglinmas, hingga Minggu (10/2) siang, ketinggian air di dua sungai besar yang ada di Kabupaten Banjar itu masih pada batas normal. (sig)

No comments: