Wednesday, February 20, 2008

Korban Beliung Tak Mampu Perbaiki Rumah

Minggu, 10-02-2008 | 00:37:42

• Pemkab Siapkan Bantuan

MARTAPURA, BPOST
- Korban puting beliung Desa Melayu Tengah, Martapura Timur, Banjar, Sabtu (9/2) mulai memperbaiki rumah yang mereka yang hancur.

Namun, hanya warga yang rumahnya rusak ringan yang bisa memperbaiki rumah. Sementara rumah yang rusak berat, tak diperbaiki, karena pemilik tak memiliki biaya.

Pantauan, Sabtu (9/2) siang, terdapat tiga unit rumah warga yang rusak yakni milik Syaifullah. Atapnya terbang karena kuatnya tiupan angin.

Kemudian, rumah yaifuddin mengalami rusak berat dan rumah milik Syarwani rusak ringan.

Siang itu, Syarwani dibantu beberapa warga setempat memperbaiki rumahnya. Sementara di rumah Syaifullah yang mengalami rusak berat tidak terlihat aktivitas perbaikan.

Di Desa Teluk Selong Ulu, Martapura Barat, duar rumah warga yang rusak berat juga belum terlihat aktivitas perbaikan. Seperti halnya di rumah milik Anang Aliansyah yang roboh karena ditiup angin kencang itu.

Anang yang sehari-hari bekerja sebagai penjual mainan keliling mengaku belum tahu kapan bisa memperbaiki rumah yang baru dibangunnya dan masih dalam tahap penyelesaian itu. “Belum ada biaya,” katanya singkat.

Sementara, Camat Martapura Timur menyatakan pihaknya telah melaporkan secara tertulis data-data korban ke Pemkab Banjar.

“Rencananya Senin akan diserahkan bantuan keuangan kepada para korban puting beliung melalui Bagian Sosial Setda Banjar. Demikian pula dengan bantuan bahan makanan akan diserahkan melalui Dinkesos Banjar,” jelasnya.

Sedangkan untuk Kantor Pambakal Melayu Tengah yang juga mengalami kerusakan, ia menyatakan bersama pambakal akan menghadap Bupati Banjar melaporkan kerusakan bangunan kantor pambakal itu.

Kabag Sosial Setda Banjar, Yuseran Yacub yang dikonfirmasi mengenai bantuan keuangan itu membenarkan telah menerima data-data dari Kecamatan Martapura Timur dan pihaknya telah menyiapkan bantuan untuk para korban. (MTB/ofy)

No comments: