Tuesday, January 08, 2008

Tagana Buka Posko Bencana Alam

Kamis, 13 Desember 2007
Radar Banjarmasin

RANTAU,- Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di Tapin, Tagana Tapin sudah mempersiapkan Posko bencana alam, yang berlokasi di Jalan SPG, persis di depan Kantor Dinas Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat. Selain posko, stok logistik pun sudah lengkap, dan siap didistribusikan kapan saja bila dibutuhkan.

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Tagana Kabupaten Tapin Sugiri SAp kepada Koran ini. “Kita sudah mempersiapkan seluruh kebutuhan untuk antisipasi bencana alam di Tapin. Mulai dari pendirian posko bencana alam, hingga kebutuhan logistik sudah siap semuanya,” ujar Sugiri.

Dijelaskan Sugiri, untuk Posko bencana alam ini setiap hari akan ada 6 orang petugas yang jaga. Posko ini pun dilengkapi dengan sarana komunikasi radio, Handi Talkie, dan telpon flexy. Pemkab Tapin memberikan dana bantuan Rp12.100.000,00 untuk kebutuan sarana komunikasi tersebut.

Menurut Sugiri, kesiapan logistik sudah lengkap, mulai dari sandang, pangan, family wear dan kid wear atau pakaianan anak orang dewasa. Bahkan, peralatan dapur umum pun sudah siap pakai.

Sedangkan untuk personil Tagana sendiri, ada 60 orang yang siap diterjunkan ke lokasi bencana alam, tambah Sugiri. “Anggota Tagana ini sudah dilatih secara khusus untuk menangani bencana di Tapin. Bahkan, bila diperlukan, perahu karet pun anggota kami siap menyediakannya,” jelas Sugiri.

Untuk Tapin, kata Sugiri yang diwaspadai adalah bencana banjir. “Dalam 2 tahun ini, bencana alam yang terjadi adalah banjir. Ada 3 kecamatan di Tapin yang menjadi langganan banjir. Seperti di Kecamatan Piani, Bungur, dan Tapin Utara. Sedangkan bencana lainnya adalah kebakaran, namun dalam jumlah yang kecil saja. Seluruh persiapan, mulai logistik hingga personil sudah siap semuanya. Tolong bantu doa, mudah-mudahan bencana alam tidak melanda Tapin,” harap

No comments: