Tuesday, January 08, 2008

Jalan di HSU Longsor

Sabtu, 05-01-2008 | 00:32:48

MESKI BMG memprediksi hujan lebar terjadi pertengahan Januari, namun di Hulu Sungai Utara (HSU) hujan mulai membawa bencana.

AMBROL - Hujan lebat mengguyur kota Amuntai dan derasnya arus sungai membuat jalan Desa Tangga Ulin, Amuntai Tengah longsor, Jumat (4/1). BANJARMASIN POST/MAISURI

Jalan Desa Tangga Ulin Hulu kecamatan Amuntai Tengah longsor, karena tak mampu menahan hantaman air Sungai Balangan yang meluap akibat hujan, Jumat (4/1).

Kejadian itu menyebabkan jalan desa menyempit dari tujuh meter menjadi tiga meter. Panjang bantaran sungai yang longsor sekitar 60 meter.

Sebelumnya, jalan itu bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, namun kini hanya kendaraan roda dua yang bisa lewat. Warga khawatir longsor merembet ke permukiman mereka.

H Isan, warga setempat, mengatakan tanah longsor di bagian bahu jalan sudah yang keenam. Sebenarnya, kata dia, warga sudah meninggikan jalan itu dan menutupan bagian jalan yang berlobang.

"Sudah 150 ret tanah merah kita gunakan untuk menutupi dan meninggikan kembali jalan-jalan yang longsor. Untuk kejadian yang ke enam kali ini, rasanya tak mungkin lagi melakukan peninggian, buang-buang biaya," ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) HSU H Eddyanoor Idur, berjanji segera memperbaiki jalan yang longsor itu.

Dikatakan, pengurukan dan peninggian tanah di jalan desa Tangga Ulin dilakukan warga setempat melalui kucuran dana program peningkatan infrastruktur perdesaan (PPIP).

Sementara, pembuatan siring batu yang dibungkus dengan kawat di sepanjang bantaran anak sungai Balangan, pekerjaan dari provinsi. ori

No comments: