Thursday, December 27, 2007

Korban Puting Beliung Dibantu Rp30,2 juta

Senin, 19 November 2007
Radar Banjarmasin

MARTAPURA– Derita para koran amukan puting beliung yang terjadi di Desa Lok Buntar Sungai Tauk beberapa waktu lalu, sedikit terobati. Hal ini sehubungan dengan telah diserahkannya santunan dari Pemkab Banjar.

“Total santunannya Rp30.250.000. Santunan itu sudah diserahkan dua hari lalu. Mudah-mudahan ini bisa sedikit mengobati penderitaan yang dialami para korban bencana itu,” ungkap Kabag Sosial H Yuseran Ya’qub, kemarin.

Dijelaskan, dana tersebut diberikan masing-masing kepada 16 warga yang rumahnya terkena puting beliung. Kemudian ada lagi yang diserahkan kepada pihak sekolah dan masjid.

Perinciannya, santunan sebesar Rp1 juta diberikan kepada masyarakar yang rumahnya rusak parah. Kemudian untuk yang rusak tidak parah mendapat santunan Rp250 ribu. Selain rumah ada lagi santunan untuk dua sekolahan, masing-masing Rp5 juta. Kemudian ditambah lagi santunan untuk masjid sebesar Rp5 juta.

Seperti diketahui, akhir pekan lalu anggin puting beliung menerjang Desa Lok Buntar Kecamatan Sungai Tabuk. Sebanyak 15 rumah mengalami rusak parah. Ditambah 1 rumah mengalami rusak ringan. Kejadian fenomena alam tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Hanya saja masyarakat yang rumahnya rusak parah terpaksa harus mengungsi. Mereka untuk sementara mengungsi ke rumah-rumah penduduk di sekitarnya.

Sejumlah fasilitas umum juga terkena amukan puting beliung yang memang hampir setiap tahun menerjang berbagai wilayah di Kabupaten Banjar ini. Fasilitas umum itu adalah dua sekolah madrasah dan satu masjid.

Lebih jauh Yuseran menjelaskan, santunan yang diberikan Pemkab Bnajar kepada korban puting beliung memang lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Sebelum ini, santunan kepada korban biasanya sebesar Rp500 ribu. Tetapi beberapa waktu lalu ada instruksi Pak Bupati untuk menaikkan santunan hingga besarnya Rp1 juta untuk korban yang rumahnya rusak parah,” katanya.(yan)

No comments: