Wednesday, December 05, 2007

“Itu Kebakaran Biasa”

Jumat, 05-10-2007 | 22:55:46

  • Percikan Api Kenai Apron

BANJARBARU, BPOST - Kendati sudah mulai menjalar hebat, kebakaran lahan di Kalsel dipandang Gubernur Rudy Arifin masih belum mengkhawatirkan. Bahkan dia mengatakan kalau kebakaran itu masih kategori biasa.

Pun saat menyaksikan kebakaran di areal Bandar Udara Syamsudin Noor yang bahkan percikan apinya sempat melompat ke dalam areal apron, Kamis (4/10) siang. Padahal, saat itu kebetulan kebakaran yang melanda apron bersamaan saat Gubernur Kalsel yang baru saja turun dari salah satu pesawat perintis.

"Ah, itu kebakaran bias. Kebakaran lahan saat ini juga jauh menurun sampai sisanya 15 persen saja dari tahun sebelumnya," ujar Rudy Arifin, ditemui usai menghadiri upacara HUT ke-62 TNI di lapangan Murdjani Banjarbaru, Jumat (5/10).

Mantan Bupati Banjar itu, mengatakan, justru yang patut diwaspadai saat ini kebakaran kebakaran yang telah merambah permukiman.

Menurutnya, banyaknya warga Kalsel yang menjadi korban kebakaran membuat semua Satkorlak ikut bersiap siaga.

Selain itu, Gubernur juga mengimbau agar semua pihak bersama-sama mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran. Caranya, meningkatkan.

Pantauan BPost, kebakaran lahan kembali melanda kawasan Bandara Syamsudin Noor, Kamis (4/10) pukul 13.00 Wita. Kali ini api menjalar lebih hebat, karena percikan api sempat masuk ke dalam areal apron baru di sebelah Timur.

Informasi didapat, api mulai menjalar dari hamparan rumput di lapangan terbuka di sebelah Barat apron baru. Api terus membesar di bawah panasnya sinar matahari.

Kencangnya hembusan angin membuat api terus membara sampai-sampai percikannya masuk ke dalam kawasan apron. Asap hitam ditambah hawa panas di sekitar apron mulai terasa. niz

No comments: