Wednesday, December 05, 2007

Banjar Siaga Banjir

Selasa, 13-11-2007 | 00:50:15

MARTAPURA, BPOST - Hujan deras sudah mulai sering mengguyur Kabupaten Banjar akhir-akhir ini, membuat warga dan petani di sekitar kawasan aliran sungai was-was.

Terlebih lagi dengan ratusan petani di Kecamatan Martapura Barat dan Timur yang menjadi langganan banjir.
Tahun ini, petani di kabupaten ini telah gagal tanam dan gagal panen sebanyak tiga kali berturut-turut, karena padinya dihantam banjir, Februari, April dan Juli. Belum sempat menikmati padi, kini telah memasuki musim penghujan lagi dengan curah hujan cukup tinggi intensitasnya.
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Kabupaten Banjar, H Djamhuri mengatakan, saat ini Banjar relatif masih aman dari ancaman banjir.
“Air sungai Riam Kiwa  tidak sampai naik meski ada yang sudah keruh menandakan penambahan volume air sungai itu,” katanya.
Namun pihaknya terus memantau dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan, khususnya kecamatan yang rawan banjir. “Posko di kabupaten dan personilnya tetap kita siagakan untuk memantau perkembangan,” jelasnya.
Kabupaten Banjar merupakan salah satu daerah di Kalsel yang menjadi langganan banjir pada saat musim hujan. Seperti halnya tahun 2006, banjir mengakibatkan kerugian miliaran rupiah dan mengakibatkan warga mengungsi secara besar-besaran karena permukiman terendam.
Warga di sekitar aliran sungai Riam Kiwa diimbau agar waspada jika hujan lebat, terutama hujan di hulu sungai, di Kecamatan Simpang Empat, Matraman, Astambul, Martapura hingga Sungai Tabuk. sig

No comments: