Tuesday, August 21, 2007

Jembatan Ambruk Diterjang Banjir

Tuesday, 31 July 2007 02:08

  • Desa Tirawan Terisolir

KOTABARU, BPOST - Banjir yang melanda Kotabaru, Minggu (29/7), menghancurkan jembatan darurat Baharu-Tirawan, Desa Tirawan, Kecamatan Pulau Laut Selatan.

Tak hanya itu, banjir yang disebabkan meluapnya Sungai Tirawan itu menyebabkan beberapa pohon besar tumbang. Diduga pohon itu hanyut terbawa derasnya arus Sungai Tirawan menghancurkan jembatan di atas sungai itu.

Dari pantuan BPost, sebuah pohon berdiameter 50 cm berada di bawah runtuhan jembatan. Tak satu pun kendaraan bermotor yang bisa melintas di jembatan itu.

Kepala Desa Tirawan Sabrani, mengatakan jembatan darurat dengan lebar sekitar satu setengah meter dan panjang 10 meter roboh sekitar pukul 12.00 Wita.

"Saat itu hujan deras, air Sungai Tirawan di sebelah rumah saya meluap dan banyak batang pohon hanyut menghantam badan jembatan," kata Sabrani.

Runtuhnya jembatan itu membuat warga tak bisa bepergian. Mereka terpaksa bergotong royong membuat jembatan darurat sekitar 200 meter dari jembatan ambruk. Jembatan itu terbuat dari kayu papan yang dipasang di atas bebatuan sungai tanpa pondasi. Jembatan baru itu menjadi alternatif sementara agar bisa melintas ke seberang sungai.

Kepala Seksi Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Masruddin berjanji segera memperbaiki jembatan itu. Bahkan sudah dilakukan survei dan pengukuran.

Menurutnya, jembatan itu dibangun beton box bersamaan dengan satu jembatan lainnya. Kontrak kerja dimulai Juli hingga pertengahan November dengan anggaran Rp 1.211.100.000.

Hujan deras yang masih mengguyur Kotabaru sepekan terakhir juga menyebabkan jalan raya Kotabaru-Berangas, Kecamatan Pulau Laut Timur Km 21, longsor. dhs


No comments: