Wednesday, August 29, 2007

Banjir Rusak Jalan Empat Desa

Thursday, 02 August 2007 01:30

MARTAPURA, BPOST - Banjir bandang yang menggenangi Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar beberapa waktu terakhir mengakibakan rusaknya jalan di empat desa.

Tidak hanya itu, ratusan hektare sawah di beberapa kecamatan di Kabupaten Banjar juga rusak diterjang banjir. Akibatnya, ratusan petani kehilangan mata pencaharian dan mengalami kerugian jutaan rupiah.

Dari pantauan, jalan desa yang mengalami kerusakan akibat digenangi air hingga tiga hari kemarin, terjadi di Desa Jati Baru, Sungai Alat, Astambul Kota, dan Kelampayan Ilir. Banjir di sana menyisakan lobang-lobang besar di jalan-jalan.

Warga yang melintasi harus ekstra hati-hati, karena untuk sampai ke tempat tujuan harus melewati lobang yang menganga. Jalan-jalan tersebut terlihat licin di beberapa titik karena masih ada sisa lumpur bekas genangan air.

Camat Astambul, H Bambang Tunggono, Rabu (1/8) mengatakan, banjir telah merusakkan jalan di empat desa di wilayahnya. Menurutnya wilayah itu memang langganan banjir, saat hujan deras di wilayah hulu sungai Riam Kiwa.

"Luapan sungai sejak Rabu hingga Jumat kemarin sempat menggenangi badan jalan di empat desa itu. Air genangan telah mengelupas aspal hingga menjadi lubang-lubang di badan jalan," jelasnya.

Warga sudah menyampaikan keluhannya."Kami berharap Pemkab Banjar bisa menggunakan dana darurat untuk perbaikannya," ucapnya.

Banjir yang terjadi di Kabupaten Banjar 2007 ini telah mengakibatkan kerusakan jalan di beberapa kecamatan. Tak hanya di Kecamatan Astambul, di Desa Tangkas Kecamatan Martapura Barat, dan Jalan Martapura Lama juga rusak. sig


No comments: