Thursday, July 26, 2007

Sungai Riam Kiwa Meluap Debit Waduk Naik

Thursday, 26 July 2007 01:32

MARTAPURA, BPOST - Hujan yang kerap mengguyur sekitar kawasan Waduk Riam Kanan sepekan terakhir telah menyebabkan naiknya debit air di Sungai Riam Kiwa dan Waduk Ir PM Noor Riam Kanan. Luberan air itu juga menyebabkan tingginya debit air di Sungai Riam Kanan dan Sungai Martapura yang merupakan daerah alirannya.

Naiknya debit air di waduk itu menyebabkan debit air di bagian hulu sungai dan waduk itu juga ikut meluap. Ketinggian air sungai di hulu sungai tersebut naik hingga satu meter sejak Selasa (24/7). Tapi, dari pantauan, kenaikan air sungai itu tidak sempat menimbulkan banjir di beberapa kawasan yang sering dilanda banjir saat air di hulu sungai naik.

Camat Sungai Pinang Banjar M Aslam SSos mengatakan, hingga Rabu sore wilayahnya masih disaput mendung dan hujan. "Air sungai naik sekitar satu meter, tapi tidak sampai menggenangi desa-desa yang rawan banjir," ujar M Aslam, Rabu (25/7) siang.

Menurutnya, biasanya Desa Rantau Nangka dan Sungai Pinang kerap tergenang air bila debit air sungai naik. Tapi berdasarkan pantauannya, hingga kemarin masih tampak normal.sig


No comments: