Wednesday, May 30, 2007

Disarankan Bangun Rumah Lebih Tinggi

Jumat, 25 Mei 2007

MARABAHAN,- Selain melakukan kunjungan dan penyerahan bantuan kepada masyarakat di Kecamatan Kuripan yang terkena banjir kiriman Sungai Barito, Bupati Barito Kuala Drs H Eddy Sukarma juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan beberapa tokoh masyarakat. Dialog tersebut berkenaan dengan solusi terhadap ancaman banjir tahunan di daerah tersebut.

Beberapa saran dan antisipasi yang tercetus dalam dialog tersebut cukup menarik. Antara lain; bangunan rumah dibikin lebih tinggi dari yang ada sekarang dan lokasinya lebih ke arah bagian daratan atau tidak berada di tepi sungai.

Begitu pula dengan aktivitas perekonomian warga yang didominasi usaha perikanan, disarankan agar menggalakkan budidaya ikan dengan memakai pola keramba apung. Bukan dalam bentuk kolam ikan, seperti sekarang ini.

Selain itu, untuk tanaman padi, tercetus dalam dialog tersebut untuk menanam padi unggul yang lebih cepat panen. Sebab, jika padi lokal, dipastikan akan mengalami kegagalan karena 6 bulan baru bisa dipanen, sedangkan padi unggul hanya memerlukan waktu sekitar 3 bulan.

Bupati Barito Kuala sendiri memberikan komitmen untuk memprioritaskan pembangunan sarana pra sarana dan permukiman penduduk yang diharapkan semakin ke arah wilayah daratan. (tri)

No comments: