Friday, April 20, 2007

Curah Hujan Tinggi, 4 Kecamatan Terendam

Senin, 5 Februari 2007
Radar Banjarmasin

H Arifin MT: Kami akan Bangun Sodetan

BANJARMASIN – Intensitas curah hujan yang tinggi melanda Kabupaten Tabalong beberapa hari terakhir lalu, sempat merendam empat kecamatan; Muara Harus, Kelua, Pugaan dan Kecamatan Benua Lawas. Ketinggian air di empat kecamatan itu mencapai puluhan centimeter.

“Memang beberapa hari lalu, empat kecamatan di Tabalong sempat terendam banjir akibat curah hujan tinggi. Tapi alhamdulillah, kini airnya sudah surut,” ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Tabalong Ir H Arifin Noor MT saat berada di Banjarmasin, Sabtu (3/2).

Banjir yang melanda empat kecamatan di Tabalong tersebut, dilaporkan akibat luapan sungai Tabalong. Ketinggian air tak tertampung sungai Tabalong hingga melampaui ambang batas. Akibatnya, sejumlah infrastruktur jalan dan areal persawahan warga terendam.

Menurut Arifin, yang diusung koalisi Partai Bulan Bintang dan Partai Amanat Nasional untuk menjadi Bupati Tapin pada pilkada mendatang, peristiwa banjir di empat kecamatan itu cukup menjadi pelajaran. Saat ini Bina Marga dan Pengairan Tabalong telah merancang program antisipasi.

“Kami akan bangun beberapa sodetan untuk mengantisipasi luapan sungai Tabalong,” ujar pria yang akrab dengan kalangan ulama ini. Program sodetan ini merupakan rancangan “mengoperasi” sungai Tabalong. Sungai akan disambung dengan kanal-kanal.

Dengan sistem sodetan, volume air sungai Tabalong dipecah. Fungsinya akan kelihatan tatkala curah hujan tinggi seperti sekarang. “Air diantisipasi agar tidak meluap ke infrastruktur jalan atau pahumaan warga,” katanya.(ddn)


No comments: