Friday, April 20, 2007

Data Kerugian Banjir Belum Masuk

Sabtu, 3 Maret 2007
Radar Banjarmasin

Hadi Soesilo: Kabupaten Belum Laporkan

BANJARMASIN – Agaknya, koordinasi antara pemerintah kabupatan dan provinsi soal penanganan bencana dan dampak yang ditimbulkannya harus lebih ditingkatkan lagi. Bagaimana tidak, sampai kemarin kabupaten yang tertimpa bencana banjir dan tanah longsor di awal 2007 ini belum melaporkan kerusakan dan kerugian akibat musibah tersebut.

Sekretaris Satuan Koordinasi Pelaksanaan Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi (Satkorlak PBP) Kalsel Hadi Soesilo mengaku belum mendapatkan laporan, baik kerugian harta benda maupun infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak akibat musibah tersebut. “Laporan yang disampaikan hanya jumlah rumah yang terendam, ketinggian air, serta perkembangan terakhir seputar bencana,” ujar Hadi Soesilo kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Nah, lantaran belum mendapatkan laporan tersebut, Satkorlak tidak mempunyai data lengkap kerugian akibat bencana alam sepanjang 2007 ini.

Ternyata tak hanya Satkorlak yang belum punya data kerugian dan dampak kerusakan akibat bencana alam, instansi yang sangat berkepentingan seperti Dinas Sosial (Dinsos) pun belum memiliki data lengkap. “Kalau kerugian bencana tahun 2006 lalu sudah dilaporkan, tapi untuk 2007 ini belum ada,” ungkap Zakaria, Kasubdin Bina Organisasi dan Pengendalian Bencana (BOPB) Dinas Sosial Kalsel, kemarin.

Nah, belum terdatanya kerusakan dan kerugian akibat bencana alam tersebut, tidak sejalan dengan keinginan Wakil Gubernur Kalsel HM Rosehan NB SH. Soalnya, beberapa waktu lalu Rosehan telah memerintahkan instansi terkait mendata kawasan yang terendam banjir serta menginventarisir kerugian akibat musibah banjir musiman yang terjadi di sejumlah daerah di Kalsel. “Koordinasi harus lebih ditingkatkan, termasuk koordinasi pelaporan data korban banjir, kerugian harta, kerusakan lingkungan dan data kebutuhan yang diperlukan,” ujar Rosehan Jumat (23/2) lalu.(sga)


  [ Kemba

No comments: