Thursday, April 19, 2007

Cegah Banjir, Sungai Dinormalisasi

Jumat, 16 Februari 2007
Radar Banjarmasin


BATULICIN,- Banjir yang melanda Kabupaten Tanah Bumbu beberapa waktu lalu, menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah daerah setempat. Karena tak ingin musibah itu terulang lagi, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tanbu telah melakukan langkah antisipasi bahaya banjir dengan cara menormalisasi sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS) besar akibat banjir bandang, beberapa waktu lalu.

Menurut Kepala PU Kabupaten Tanbu Ir Sofiani MT, normalisasi sungai dilakukan di sejumlah titik yang rawan banjir. Seperti Desa Sebamban Lama dan Sebamban Baru di Kecamatan Sungai Loban dan Desa Sekapuk Kecamatan Satui.

Seperti diketahui, akibat banjir bandang yang terjadi beberapa waktu yang lalu, karena tingginya curah hujan yang terjadi di bagian hulu Sungai Satui, Sungai Kusan dan Sungai Batulicin, beberapa wilayah desa yang ada di bagian hilir mengalami banjir. Beberapa anak sungai yang bermuara di tiga sungai besar itu mengalami abrasi hebat dan mengalami pendangkalan. Sehingga ketika di bagian hulu sungai mengalami curah hujang tinggi, sungai-sungai itu tidak dapat menampung air bah.

“Program normalisasi sungai-sungai ini dilakukan agar fungsi sungai-sungai besar itu dapat kembali normal,” terangnya kepada koran ini, kemarin. (kry)


No comments: