Thursday, April 19, 2007

Banjir Mulai Melanda Banjar

Jumat, 16 Februari 2007
Radar Banjarmasin

TINGGINYA curah hujan belakangan ini berdampak semakin meningginya permukaan Sungai Martapura. Sejauh ini belum ada laporan terjadinya banjir besar di wilayah Kabupaten Banjar.

Kendati demikian, kewaspadaan terhadap kemungkinan banjir besar harus tetap siaga. Apalagi di sejumlah daerah permukaan air sudah mulai tinggi. Bahkan di Desa Tambak Baru Kecamatan Martapura Timur air sudah sampai di halaman rumah. Beberapa rumah, dan sekolahan air sudah sampai lantai.

“Bagi warga di sini kondisi seperti ini biasa Mas, biasanya air masuk rumah sampai sekilan dalamnya . Ini terjadi setiap tahun,” ujar salah seorang warga kepada Radar Banjarmasin, kemarin.

Karena itu katanya, warga tidak akan meninggalkan kampung. Berbeda dengan banjir yang terjadi di Bulan Juni tahun lalu, warga kebanyakan memilih meninggalkan kampung.

“Waktu itu kami panik. Bukan soal banjirnya, tetapi isu bendungan pecah itu yang membuat kami semua panik dan meninggalkan kampung,” ujarnya.

Dari pantauan Radar Banjarmasin, air Sungai Martapura memang lumayan tinggi. Di Kecamatan Martapura Barat, air bahkan sudah meluap sampai pinggiran aspal jalan. Sementara itu, warga mengaku tidak merasa cemas dengan kondisi tersebut. (yan)


No comments: