Thursday, April 19, 2007

Balangan Banjir, 20 Desa Terendam 2 Desa Terisolir

Selasa, 17 April 2007

Radar Banjarmasin


PARINGIN ,- Hujan lebat yang mengguyur selama sepekan ini, mengakibatkan 20 desa yang berada di 3 kecamatan di Kabupaten Balangan yakni Kecamatan Halong, Kecamatan Juai, dan Kecamatan Paringin banjir. Bahkan di Kecamatan Juai ada dua desa yang terisolir yakni Desa Wonorejo dan Desa Sumber Rejeki. Hal ini terjadi akibat sulitnya medan yang ditempuh untuk menuju desa tersebut, juga derasnya arus air yang harus dilalui.

Pantauan Radar Banjarmasin kemarin, di 3 kecamatan yang terendam banjir lebih parah dibanding banjir tahun lalu di mana jika dahulu ketinggian air hanya selutut orang dewasa, sekarang ketinggian air sudah mencapai dada orang dewasa. Tak hanya itu, sekitar 3.199 jiwa terancam penyakit lantaran tidak mau mengungsi dan menganggap banjir ini biasa-biasa saja.

Bupati Balangan Ir H Sefek Effendie ME kepada wartawan mengatakan, tim Satlak PB Kabupaten Balangan dan Tagana telah diturunkan untuk melakukan evakuasi kepada warga yang ingin mengungsi. “Kami tidak ingin dikatakan lamban menangani banjir, tim Satlak dan Tagana sudah saya perintahkan untuk sesegera mungkin membantu korban terutama di dua desa yang terisolir. Saya juga meminta segera menyediakan perahu karet, tenda pengungsian dan dapur umum,” ungkap Sefek yang langsung meninjau lokasi banjir bersama Wakil Bupati Balangan Drs H Ansharuddin Msi.

Ditambahkan Sefek, untuk kerugian sementara belum bisa didata. Namun akibat banjir kali ini, dipredeksi 1.200 hektare areal persawahan terancam gagal panen. Untuk antisipasi, Pemkab Balangan telah menyiapkan 30 ton bibit padi untuk diberikan kepada masyarakat yang lahannya terkena banjir. “Untuk kerugian masih dihitung. Namun untuk areal persawahan yang terkena banjir dan gagal panen kami siapkan bantuan bibit,” tambah Sefek sembari menjelaskan pihaknya juga melakukan evakuasi sebanyak 36 siswa SMA yang akan mengikuti UAN pada besok (hari ini, Red) supaya mereka tidak tertinggal.

Sementara Wakil Bupati Balangan Drs H Ansharuddin Msi yang juga Ketua Satlak PB Kabupaten Balangan menjelaskan, bahwa bantuan sembako telah disiapkan bagi korban banjir. “Seandainya ada bantuan dari pihak lain, kami siap menampungnya,” jelas Anshar.

Aman (50), warga Desa Teluk Bayur Kecamatan Juai kepada Radar Banjarmasin mengatakan, masyarakat yang terkena banjir sangat memerlukan bantuan sembako. “Kami mengharapkan bantuan, walaupun seadanya kami sangat berterimakasih,” paparnya. Aman menyesalkan kunjungan Bupati Sefek ke lokasi banjir hanya sebatas serimonial menyerahkan bantuan di kantor Kecamatan Juai, tanpa langsung turun untuk melihat ke daerah-daerah yang kondisinya parah terkena banjir.

Tim relawan Radar Banjar Peduli (RBP) yang berkoordinasi dengan wartawan Radar Banjarmasin biro Kabupaten Balangan Achmad Juhriansyah juga mendata jumlah masyarakat yang terkena banjir untuk selanjutnya RBP akan menyalurkan bantuan sembako kepada warga yang benar-benar memerlukan, serta memberikan layanan pemeriksaan kesehatan secara gtaris.

Sementara itu, PT Adaro Indonesia juga turun menurunkan tim bantuan medis dan menyediakan sebuah perahu karet untuk mengevakuasi korban. “ Kami juga akan membantu dengan memberikan pelayanan medis,” jelas Abdurrahman, Kepala Bagian Comunitty Development (CD) PT Adaro Indonesia. (jhr)

Desa-Desa Yang Terkena Banjir

1. Kecamatan Juai

- Desa Gelumbang 160 KK 625 Jiwa

- Desa Teluk Bayur 160 KK 636 Jiwa

- Desa Juai 155 KK 596 Jiwa

- Desa Sumber Rezeki Terisolir

- Desa Wonorejo Terisolir

- Desa Bata - 443 Jiwa

- Desa Lalayau 133 KK 536 Jiwa

- Desa Mihu Belum ada data mutlaknya di Dinas Sosial

-

2. Kecamatan Halong

- Ada 3 Desa yang terendam namun pihak Kecamatan belum melaporkan nama-nama desanya

3. Kecamatan Paringin

- Desa Paringin Kota 45 KK 164 Jiwa

- Desa Batu Piring 29 KK 113 Jiwa

- Desa Bungin 3 KK 15 Jiwa

- Desa Murung Jambu 1 KK 6 Jiwa

- Desa Hujan Mas 12 KK 36 Jiwa

- Desa Tarangan 8 KK 20 Jiwa

- Desa Kalahiyang 3 KK 8 Jiwa

- Desa Harapan Baru 5 KK 20 Jiwa

- Desa Baruh Bahinu Dalam 2 KK 8 Jiwa


No comments: