Monday, March 26, 2007

Korban Banjir Tunggu Bantuan

Minggu, 18 Februari 2007 01:40

Amuntai, BPost
Korban banjir di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) masih menunggu pencairan dana bantuan dari Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dijanjikan sebesar Rp100 juta.

Hingga kini sekitar 1.500 rumah dari 2.293 unit yang terendam belum mendapatkan bantuan sembilan bahan pokok. Kepala Dinas Kesbanglinmas, Rahmadi ketika dihubungi mengungkapkan, banyak masyarakat yang mengajukan permohonan bantuan sembako.

Sejak banjir yang merendam rumah mereka hingga sepekan lebih, pemerintah belum menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat. "Dana pemerintah kabupaten belum bisa dicairkan, karena menunggu APBD diketok, sehingga baru sebagian kecil warga korban banjir yang mendapatkan bantuan," katanya.

Sementara bantuan Pemprov Kalsel sebesar Rp100 juta yang dijanjikan, belum juga dicairkan, kecuali beras sebanyak 35 ton, yang baru saja datang di posko. Paska banjir Januari lalu, membuat masyarkat sampai kini belum bisa bekerja secara maksimal, akibat rusaknya beberapa fasilitas umum seperti jalan dan jembatan.

Akibatnya, penghasilan merekapun berkurang dibanding sebelum terjadinya banjir dan tidak mencukupi untuk keperluan sehari-hari. "Makanya banyak warga meminta bantuan sembako segera diberikan karena persediaan mereka sudah menipis," katanya.

Sementara itu, banjir susulan sejak Rabu (14/2) kembali menggenangi dua kecamatan yaitu Kecamatan Banjang dan Amuntai Utara, kini mulai surut, tidak sempat meluap seperti beberapa pekan sebelumnya.

Pemkab HSU tetap waspada, mengingat curah hujan di beberapa daerah atas, seperti Tabalong dan Balangan masih cukup tinggi, sehingga kemungkinan Sungai Tabalong meluap kembali. ant

No comments: