Saturday, March 10, 2007

Banjar Waspada Banjir

Kamis, 01 Februari 2007 01:30


Martapura, BPost
Pemkab Banjar mulai mewaspadai banjir yang terjadi tiap tahun, dengan mendirikan posko penanggulangan banjir di halaman Kantor Dinkes Banjar, Rabu (31/1).

Sebelumnya, Selasa (30/1), Sekda Banjar Yusni Anani mengumpulkan sejumlah pejabat yang tergabung dalam Satkorlak PB Banjar di Aula Barakat Setda.

Sekretaris Pelaksana Harian Satkorlak PB Banjar, Djamhuri menyatakan, dari pertemuan itu, seluruh potensi kekuatan diupayakan disiagakan pada 1 Februari.

"Posko induk akan kita dirikan di halaman Kantor Kesbanglinmas Banjar di Jl A Yani Km 40. Dari sini, kegiatan pemantauan dan penanggulangan dikoordinasikan jika terjadi banjir," katanya.

Disinggung sarana dan prasarana yang disiagakan, Kepala Kantor Kesbanglinmas ini mengatakan, ada 16 perahu karet, 8 mobil pikap, 2 truk, 18 dapur umum lengkap dengan perlengkapannya.

Kemudian, tenda peleton 13 buah, logistik berupa beras 100 ton, makanan bayi dan mi instan 300 dos.

Selain itu, disiapkan juga pendukung air bersih oleh tiga BPK, dua mobil milik PDAM Intan serta empat tandon.

Dukungan personil antara lain dari Kodim 1006 Martapura 90 personil, polisi 30 personil, tenaga medis 12 orang dan didukung relawan dari Saka Bhakti Husada 100 orang.

"Bahkan, Targana (Taruna Siaga Bencana) yang sudah dilatih di tiap kecamatan telah kita siagakan, terutama di wilayah yang rawan banjir seperti Sungai Pinang, Pengaron, Simpang Empat, Mataraman, Astambul, Martapura Timur, Martapura Barat dan Martapura Kota termasuk Sungai Tabuk," terangnya.

Djamhuri menghimbau agar masyarakat tetap berjaga-jaga kalau-kalau terjadi banjir.

"Para camat juga diinstruksikan Bupati Banjar supaya menginventarisir lahan atau tempat yang cocok untuk tempat penampungan pengungsi saat banjir," katanya. adi

No comments: