Friday, February 16, 2007

Petani Tanbu Resah

Selasa, 09 Januari 2007 01:07


--------------------------------------------------------------------------------

Batulicin, BPost
Sejumlah petani di Tanah Bumbu (Tanbu) resah. Mereka khawatir, hujan tahun ini kembali membawa bencana banjir sebagaimana tahun sebelumnya.

Basir petani asal Desa Pakatelu, Kusan Hilir mengaku masih trauma dengan banjir yang melanda sawahnya pada Juni tahun lalu. Belum pulih dari banjir yang membuat padinya membusuk, Basir kembali dihadapkan kekeringan yang membuat padinya kopong (buah padi tidak berisi) pada September lalu.

"Kalau tahun ini kembali banjir, kami tidak tahu lagi harus berbuat apa. Banjir dan kekeringan tahun lalu membuat kami paceklik. Hampir semua pentani di desa ini mengalami nasib yang sama," kata Basir.

Tahun lalu kata Basir, saat banjir bandang melanda kecamatan Kusan Hilir dan Kusan Hulu ribuan hektare padi mulai berisi terendam air.

Bahkan, di areal persawahan bisa dilalui ketinting (perahu tempel) untuk mengungsi ketempat yang lebih tinggi. Dampak banjir tersebut membuat sejumlah petani tidak bisa menyelamatkan lumbung padi mereka yang berisi stok padi baik untuk bibit maupun bahan makanan sehari-hari. dhs


--------------------------------------------------------------------------------



Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: