Friday, February 16, 2007

Banjir Dukungan

Selasa, 09 Januari 2007 01:08


--------------------------------------------------------------------------------

KENDATI jadwal pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) langsung di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) belum dikeluarkan, namun genderang persaingan sudah mulai ramai.

Fakhruddin yang tidak lama lagi akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Bupati HSU, hingga kini masih menjadi rebutan baik dari partai politik, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun tokoh masyarakat. Posisi Fakhruddin boleh dikata makin tak tergoyahkan setelah namanya secara resmi dicalonkan kembali sebagai balon bupati di Bumi Amuntai Bertakwa 2007 ini.

Partai Golkar yang memiliki jumlah kursi terbanyak di Dewan HSU secara resmi mengusung Fakhruddin. Begitu juga Partai Bintang Reformasi (PBR) yang mempunyai tiga kursi turut mengusungnya.

Tak hanya itu, sejumlah koalisi parpol seperti PDIP, PKS dan PBB serta PNU juga ikut mengusung nama Fakhruddin. Bahkan, sejumlah partai gurem juga ikut mendukungnya.

Bustan Hamasta, ketua koalisi partai gurem HSU menyatakan, berdasarkan hasil rapat yang dihadiri sebanyak 11 perwakilan partai gurem belum lama tadi, secara aklamasi memutuskan untuk menyatakan dukungannya kepada Fakhruddin.

Koalisi partai gurem itu terdiri dari Partai Merdeka, Demokrat, Buruh Sosial Demokrat, Partai Demokrasi Kebangsaan, PNBK, PPDI, Partai Persatuan Daerah, Patriot Pancasila, Pelopor, Partai Syarikat Indonesia dan Partai Karya Peduli Bangsa.

"Suara kami jatuh ke Fakhruddin," ujarnya kepada BPost. Tak ketinggalan, LSM Seima Jaya Amuntai serta Forum Komunikasi Kerukunan Masyarakat Sungai Malang (FKKMS) juga memberikan dukungan kepada Fakhruddin.

"Tidak menutup kemungkinan masih ada figur lain yang layak jual. Namun, kami menilai beliau berhasil membangun banua ini," ujar Akhmad Junaidi, ketua LSM Seima Jaya.

Ketua Himpunan Kerukunan Remaja Kota Bertakwa (HKR-KB), H Gusti Nanag Hadi mengatakan, HKR-KB yang beranggota 1.047 orang tersebar di 12 kecamatan dan 131 desa di Kabupaten Tabalong ini menyatakan dukungannya kepada Fakhrudin. Dia menilai, selain keberhasilan pembangunan juga kedekatan Fakhrudin dengan seluruh masyarakat dan ulama.

Namun jangan salah. Hamli Kursani dengan pendukung fanatiknya, diprediksi bakal mengganjal jalan Fakhruddin. Hamli yang kini menjabat Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemko Banjarmasin ini juga mempunyai pendukung yang tidak sedikit.

Bahkan, Hamli mengklaim bahwa dirinya telah didukung sejumlah parpol besar, termasuk PAN. Hamli mengaku mendapatkan dukungan dari ketua DPW PAN Kalsel. Meski ada dua nama besar itu, namun masyarakat berharap ada calon lain sebagai alternatif. ori

No comments: