Friday, February 16, 2007

Korban Puting Beliung Terlilit Utang

Jumat, 13 Januari 2006 02:55


--------------------------------------------------------------------------------

MARTAPURA - Salamah, warga Desa Podok, Kecamatan Aluh Aluh, Kabupaten Banjar, mengaku terpaksa mengutang ke beberapa tetangganya untuk membangun kembali gubuk yang hancur diterpa angin puting beliung beberapa waktu lalu.

Salamah mengatakan angin yang sangat kencang tiba-tiba datang membawa terbang atap yang terbuat dari rumbia dan menghancurkan seluruh dinding kayu rumahnya.

Beberapa hari setelah kejadian, tambahnya, dia dan keluarga terpaksa bernaung dari panasnya terik matahari dan dinginnya malam.

Hingga akhirnya, tetangga dan saudara bersedia meminjamkan uang Rp300 ribu untuk memperbaik rumah dan mengganti atap seadanya.

"Rumah yang ada saat ini sudah diperbaiki, makanya bisa ditempati lagi," kata ibu tiga anak tersebut.

Nasib serupa juga dialami 87 penduduk Desa Podok lainnya. Menurut beberapa warga yang tinggal di desa terpencil tersebut, rumah mereka yang rata-rata terbuat dari kayu hutan dan beratap rumbia juga hancur diterjang angin puting beliung.

"Kedatangan gubernur hari ini, telah lama kami tunggu, biar tahu keadaan kami yang seperti ini," tambah satu warga lainnya.

Setelah beberapa kali tertunda, akhirnya Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, datang ke Desa Podok untuk memberikan bantuan secara langsung terhadap 88 warga yang tertimpa musibah angin puting beliung. ant


--------------------------------------------------------------------------------



Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: