Friday, February 16, 2007

KERUSAKAN PASCA BANJIR Muara Harus Dan Kalua Diprioritaskan

Rabu, 03 Januari 2007 01:06


Tanjung, BPost
Rusaknya infrastruktur jalan dan jembatan akibat sapuan banjir di delapan kecamatan, di Kabupaten Tabalong harus segera diperbaiki. Namun prioritas perbaikan hanya dilakukan di dua daerah terparah yaitu Kecamatan Kalua dan Muara Harus.

Adapun infrastruktur di Muara Harus yang perlu segera diperbaiki yaitu jalan poros Desa Tantaringin. Jalan ini rusak akibat abrasi. Sedangkan jembatan Tantaringin kini tak layak dilewati karena membahayakan.

Sedangkan di Kalua, jalan nasional yang menghubungkan Kalua dengan kota Tanjung dan jembatan gantung Pudak Setagel rawan putus. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Arifin, yang juga pemimpin PT Bina Marga Kabupaten Tabalong menyatakan akan memperbaikinya setelah melakukan inventarisasi dan identifikasi kerusakan.

Menurutnya, perbaikan bisa selesai pekan ini. "Dengan cuaca seperti ini, memang sulit melakukan perbaikan total. Karena itu kita prioritaskan pada kerusakan terparah," katanya, Selasa (2/1).

Arifin menambahkan, pihaknya telah menerima banyak laporan kerusakan titik-titik jalan di sejumlah desa dari beberapa kecamatan, baik jalan poros, jalan desa maupun jalan provinsi. Bahkan laporan tersebut telah disampaikan ke Pemprov Kalsel untuk mendapatkan bantuan dana.

Staf Perumusan Perencanaan Program Bina Marga Lucky Umari menambahkan, ada lima kecamatan yang secara resmi telah melaporkan kerusakan infrastruktur di daerahnya, yakni Muara Harus, Kalua, Banua Lawas, Murung Pudak dan Pugaan.

Di Banua Lawas, kerusakan terparah terjadi di daerah Sungai Anyar. Sebagian badan jalan amblas karena tergerus luapan air sungai saat banjir.

Sedangkan di Murung Pudak, Desa Belimbing, sebuah jembatan yang oleh warga minta ditinggikan offbrigde atau arena penghubung badan jalan dengan jembatan. nda


Copyright © 2003 Banjarmasin Post

1 comment:

Syafaat Ahmad said...

nah,,, kaitu kah sakalinya, unda lawas pang kada bulik ka kalua nah, mudahan jalanannya lakas baik haja