Thursday, January 11, 2007

Informasi Bencana Lebih Cepat

Senin, 08 Januari 2007 01:36:01
Banjarmasin, BPost
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pada 2007 ini mulai membangun jaringan informasi yang menghubungkan langsung dengan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG). Dengan jaringan tersebut, memudahkan penyampaian informasi kemungkinan terjadinya bencana alam lebih cepat.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Hadi Susilo mengungkapkan, dana yang disiapkan untuk proyek tersebut telah dianggarkan sebesar Rp200 juta.

"Sekarang ini informasi yang disampaikan BMG ke Pemprov Kalsel masih dalam bentuk faksimile. Dengan jaringan yang didukung perangkatnya, informasi yang kita terima selain lebih cepat dan lengkap juga up to date. Sehingga siaga bencana dapat dilakukan cepat," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Rudy Ariffin mengimbau bupati/walikota untuk memahami prosedur penanganan bencana. Ditegaskan Rudy, seorang kepala daerah harus dapat menangani bencana yang terjadi di daerahnya dengan cepat.

"Begitu bencana terjadi, bupati/walikota atau wakilnya dapat mengintruksikan satlak setempat segera melakukan penanganan cepat di lapangan. Jika perlu bantuan satkorlak, secapatnya disampaikan ke pemerintah provinsi," ujarnya.

Untuk masalah penyediaan pangan, dikatakan Rudy, bupati/walikota bisa meminta jatah beras bencana 100 ton per tahun di Dolog.ais

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: