Friday, January 26, 2007

Cuaca

Jumat, 12 Januari 2007
Palangkaraya, Kompas - Badan Meteorologi Palangkaraya meminta pemerintah daerah di Kalimantan Tengah mewaspadai kemungkinan banjir seiring puncak musim hujan yang diperkirakan akhir Januari 2007. Curah hujan di Kalteng sudah di atas 300 milimeter per bulan, padahal Desember 2006 masih di kisaran 200 milimeter.

"Pada puncaknya curah hujan bisa lebih dari 500 milimeter. Padahal, curah hujan lebih dari 400 milimeter sudah berpotensi menimbulkan banjir," kata Kepala Badan Meteorologi Palangkaraya Hidayat, Kamis (11/1).

Kalteng memiliki 11 sungai besar, yaitu Sungai Jelai, Arut, Lamandau, Kumai, Seruyan, Mentaya, Katingan, Sebangau, Kahayan, Kapuas, dan Barito. Selain itu, juga ada sedikitnya 33 sungai kecil atau anak sungai. Menurut data Dinas Kesejahteraan Sosial (Kessos) Provinsi Kalteng, sedikitnya ada 33 kecamatan yang tergolong rawan banjir.

Puting beliung

Masyarakat Kepulauan Bangka Belitung diharapkan mewaspadai ancaman bencana alam puting beliung dan gelombang pasang. Kabupaten Bangka merupakan daerah rawan puting beliung, sedangkan Belitung Timur rawan gelombang pasang.

Dinas Kesejahteraan Sosial Babel memberikan peralatan evakuasi bencana alam, di antaranya perahu evakuasi, pelampung, dan tenda, yang secara simbolis diserahkan oleh Gubernur Hudarni Rani di Pangkal Pinang, Kamis. Babel juga menyiagakan 140 personel Taruna Siaga Bencana Indonesia (Tagana).

Kepala Dinas Kessos Babel Naziarto menyatakan, pada tahun 2006 puting beliung melanda Kecamatan Selat Nasik, Belitung, dan belasan rumah di Belitung Timur rusak akibat gelombang pasang. (CAS/AND)

No comments: