Saturday, January 27, 2007

Dana Bencana Rp1,5 Miliar

Jumat, 19 Januari 2007 01:28
Kandangan, BPost
Untuk mengantisipasi kejadian bencana alam tahun 2007 Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan menganggarkan dana tak tersangka Rp1,5 miliar. Dana ini di antaranya digunakan untuk menyantuni korban.

Bupati HSS HM Safi’i, mengatakan dana itu untuk berjaga-jaga. Masyarakat tetap diminta mulai mewaspadai bencana yang kerap muncul di musim hujan, khususnya warga yang bermukim di kawasan rawan bencana alam seperti yang sudah dipetakan pihak Dinkessos setempat.

Bupati mengaku sudah menginstruksikan seluruh camat, lurah dan kepala desa untuk memantau setiap kejadian bencana. Aparat desa harus di tempat setiap waktu, agar bisa segera melaporkan jika di wilayahnya ada bencana alam, sehingga bisa diantisipasi dan ditangani dengan cepat," ujarnya.

Selain itu pihak Dinkessos sudah menyiapkan bantuan tanggap darurat. Berdasarkan pemetaan daerah rawan bencana di HSS terbagi empat, yaitu banjir, longsor, angin puting beliung dan kebakaran.

Daerah rawan puting beliung terdapat di daerah Simpur, Sungai Raya, Daha Selatan, Loksado dan Padang Batung. Sementara daerah bencana kebakaran terdapat di Kecamatan Kandangan, Daha Selatan, dan Angkinang.

Sedangkan bencana longsor rawan terjadi di Kecamatan Padang Batung, Telaga Langsat dan Loksado. Rawan banjir rawan dipetakan di Kecamatan Kandangan, Angkinang, Daha Selatan, Kalumpang, dan Daha Utara. ary

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: