Wednesday, January 10, 2007

Banjir Dan Longsor Ancam HST

Kamis, 28 Desember 2006 00:29
Barabai, BPost
Curah hujan yang tinggi dalam satu minggu terakhir mengancam Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tiga kecamatan termasuk daerah rawan banjir dan longsor.

Kepala Kantor Kesbanglinmas dan Satpol PP HST, H Hilman, Rabu (27/12) mengungkapkan, dari 11 kecamatan yang ada baru Kecamatan Hantakan, Batang Alai Timur dan Labuan Amas Selatan yang menyampaikan laporannya.

"Kecamatan lain mungkin masih mendata kendati sudah diimbau saat rapat penanggulangan bencana beberapa waktu lalu agar segera melaporkan daerah yang rawan," ungkap Hilman.

Di Kecamatan Batang Alai Timur misalnya, beberapa desa yang rawan longsor adalah Desa Hinas Kiri, Atiran, Aing Bantai dan Batu Perahu, sedangkan desa yang rawan banjir Aing Bantai dan Batu Tangga.

Di Kecamatan Hantakan, 12 desa rawan longsor di antaranya Desa Alat, Batu Tunggal, Pasting dan Datar Ajab, sedang satu desa dinyatakan rawan banjir.

Menurut informasi Sekretaris Camat Labuan Alas Selatan, Masturi ada sekitar 972 hektare lahan yang terancam banjir tahun ini.

Mencermati kemungkinan Barabai akan diterjang banjir seperti tahun 2005, Dinas PU dan Bangwil HST melakukan berbagai upaya antisipasi. "Aliran sungai telah kita bersihkan, termasuk kanal banjir yang selama ini berperan penting untuk mempercepat turunnya air ketika menggenangi daerah perkotaan," kata A Fanani, kepala dinasnya.yud

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: