Friday, December 08, 2006

Akibat Asap 587 Kasus Pnemonia

Rabu, 08 Nopember 2006 00:06:13
Kandangan, BPost
Semenjak kabut asap menyerang wilayah Hulu Sungai Selatan, penderita ISPA meningkat. Bila awal September lalu jumlah korban kabut asap 7.303 orang, kini meningkat jadi 10.661 orang.

Korban asap terbanyak ditangani Puskesmas Jambu Hilir, sebanyak 2.404 orang dan Puskesmas Kandangan 2.233 orang.

Menurut Kusmadi, petugas surveilance penyakit dinas kesehatan, masih ada puskesmas yang belum melaporkan data penderita ISPA. Sementara di Puskesmas Gambah, Padang Batung dan Nagara data pasiennya belum terekam.

Yang lebih parah lagi bukan hanya ancaman ISPA terus merangkak naik. Korban pnemonia juga telah mencapai 587 orang selama musim kemarau disertai kabut asap pekat tahun ini.

Jailani Majedi, pengelola program ISPA dan pnemonia Dinkes HSS mengatakan kabut asap bisa berakibat buruk pada peningkatan pnemonia.

Warga yang kena ISPA apabila lambat ditangani bisa pnemonia terutama dari kalangan anak usia 1 sampai 4 tahun, karena daya tahan tubuhnya belum kuat. Akibat fatal dari pnemonia adalah kematian. Untuk itu, Dinkes mengimbau warga segera berobat bila kena ISPA.

Sementara Kadinkes HSS drg Garsmedi dalam rapat bulanan Pemkab HSS telah melayangkan surat resmi kepada dinas pendidikan tentang ketentuan diperbolehkan meliburkan siswa akibat kabut asap. "Rekomendasi ini dalam rangka mengatasi bertambahnya korban ISPA terutama dari kalangan anak-anak," tambah Garsmedi. ary

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: