Monday, October 16, 2006

Tentara Perangi Asap

Sabtu, 14 Oktober 2006 00:12

Banjarmasin, BPost
Kabut asap yang melanda Sumatera dan Kalimantan mendapat perhatian serius dari jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Djoko Santoso pun turun gunung mengerahkan pasukannya untuk memadamkan api.

Sabtu (15/10), KSAD Jenderal Djoko Santoso mengunjungi Kalimantan Selatan. Dia ingin melihat langsung bagaimana penanganan kabut asap di Banua.

Kedatangan Djoko disambut Panglima Kodam VI/TPR, Mayjen TNI GR Situmeang dan Danrem 101/Ant Kolonel Inf Waris, Danlanal Letkol (L) Indarto Budiarto, Danlanud Letkol (Pnb) Anang Nurhadi Susilo, Kapolda Kalsel Brigjen Halba R Nugroho, dan lainnya.

Pesawat Fokker 28 TNI AU yang membawa rombongan KSAD tiba di Bandara Syamsudin Noor pukul 17.00 Wita. Menurut rencana, Minggu (15/10) pagi ini, rombongan KSAD akan meninjau kebakaran hutan di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Sore kemarin, rombongan KSAD langsung meluncur ke Hotel Arum dan menyempatkan berbuka puasa bersama. Usai berbuka, KSAD memberi kesempatan wartawan BPost untuk berbincang-bincang seputar peran TNI dalam penanggulangan kabut asap.

Kepada BPost, KSAD Jenderal Djoko Santoso mengemukakan, roadshow yang dilakukannya semata-mata untuk melihat langsung bagaimana penanggulangan kabut asap.

"Kita juga ingin melihat langsung sejauh mana satuan-satuan TNI setempat membantu pemadaman kebakaran tersebut," katanya. Bukan hanya itu. KSAD juga berencana menyerahkan bantuan berupa pompa air dan mesin gergaji.

Bincang-bincang pun menghangat. KSAD juga bersedia memberikan jawaban seputar pro dan kontra hak pilih TNI dalam pemilu. KSAD mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil kajian TNI.

"Ya kita tunggu dululah bagaimana hasil kajian TNI. Dan kewenangan untuk menjawabnya adalah Panglima TNI. Tapi yang pasti untuk masalah itu bukan TNI yang menentukan," bebernya.

Dikatakannya, keputusan akhir terkait masalah itu ditentukan oleh DPR RI. "Oleh karena itu kita tunggu saja bagaimana DPR meninjau Undang-Undang Pemilu," ungkapnya.

Sebelumnya KSAD Jenderal Djoko Santoso meninjau lokasi titik-titik api di Provinsi Sumatera Selatan. KSAD meninjau persiapan personel TNI dalam membantu pemadaman api.mdn/dtc

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: