Thursday, November 27, 2008

Juai dan Halong Banjir

umat, 28 November 2008 11:45 redaksi

PARINGIN - Banjir kembali melanda sejumlah desa di Kecamatan Juai dan Halong. Kondisi naiknya permukaan air terjadi sejak Selasa malam, dan sejak Rabu air sudah merendam sedikitnya tiga desa di Juai, yaitu Desa Galumbang, Teluk Bayur dan sebagian kawasan Mungkur Uyam.

Sementara di Kecamatan Halong, Desa Bangkal dan Baruh Panyambaran juga tergenang air. Namun dilaporkan angka pasti berapa jumlah jumlah, fasilitas sekolah maupun tempat umum yang turut terendam banjir.

Syahril, Kepala Seksi Trantib (Ketenteraman dan Ketertiban) Kantor Camat Juai mengatakan, petugas Linmas dan Organisasi Relawan Penanggulangan Bencana di Kecamatan Juai telah mengantispasi musibah ini.

Warga ketiga desa di kecamatan itu pun sudah bersiaga sejak beberapa waktu sebelumnya, tatkala hujan mulai sering turun.

"Hampir tiap tahun di Juai ada banjir. Sehingga kami, mau tidak mau, pasti antisipasi dan siaga," katanya.

Menurut penuturan Syahril, di beberapa bagian desa air mencapai ketinggian hampir satu meter. Namun demikian, tak ada korban jiwa dalam musibah ini. Warga desa juga belum memutuskan untuk mengungsi dari tempat tinggal masing-masing.

"Situasi masih terkendali. Kami sudah koordinasi dengan Satlak (Satuan Pelaksana) Penanggulangan Bencana," lanjut Syahril.

Dia menambahkan, petugas dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kabupaten Balangan juga telah turun ke lapangan untuk melakukan pengamatan, sejauh mana bantuan teknis yang perlu diturunkan.

Dilaporkan juga selain di kawasan Balangan, di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan mulai terendam air, disebabkan tingginya curah hujan, seperti di Kabupaten HSU.

No comments: