Sunday, March 23, 2008

Waspada Malam Hari

Jumat, 22-02-2008 | 00:40:15

Banjarmasin Post

CUACA buruk terus membayangi Kalsel dan sekitarnya. Angin kencang berkekuatan sampai 40 kilometer/jam masih akan terjadi merata di bumi Antasari ini. Warga diminta waspada karena angin ini biasanya bertiup pada malam hari.

Satelit di Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Kalsel di Banjarbaru menangkap peluang terjadinya angin hingga akhir pekan ini. Kondisi ini dipicu efek global dan lokal daerah.

Kencangnya angin dari Laut Cina Selatan dengan kecepatan 30 knot yang setara dengan 60 kilometer/jam membuat arah konvergensi (belokan angin) mulai mengarah ke Kalsel dan sekitarnya. Akibatnya, awan comulunimbus (CB) atau awan pembentuk hujan pun menjadi mudah terbentuk sehingga angin kencang berpotensi terjadi dan menyapu Kalsel.

"Di daratan indikasi angin kencang ada, walau saat ini masih berkecepatan 10 knot atau 20 kilometer/jam itu cukup kuat sampai dua kali lipatnya. Angin ini terjadi karena pembentukan awan CB sehingga angin ini disertai dengan hujan pada malam sampai dini hari," beber Zakia prakirawan dari Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor.

Keterangan Zakia ini terbukti Rabu (20/2) malam. Saat itu sekitar Banjarbaru sampai Martapura berhembus angin kencang disertai hujan deras. Akibatnya, sejumlah pohon besar tumbang seperti yang terjadi di Jalan P M Noor Sungai Banjarbaru. (niz)

No comments: