Friday, May 04, 2007

Jalan Desa Tambalang Rusak Berat

Selasa, 01 Mei 2007 01:23

Amuntai, BPost
Sepanjang 300 meter jalan kabupaten di Desa Tambalang Kecil Kecamatan Sungai Pandan, Hulu Sungai Utara, kini mengalami rusak parah. Kerusakan lebih parah setelah jalan beraspal itu terendam akibat banjir kiriman belum lama tadi.

Pantauan BPost belum lama tadi, sekitar 2,5 km panjang jalan Desa Tambalang, dari Desa Teluk Batung, Tambalang Kecil hingga ke Tambalang Tengah, mengalami kerusakan.

Kerusakan terparah terletak di Desa Tambalang Kecil di RT3, sepanjang 300 meter jalan desa beraspal. Padahal baru saja selesai dikerjakan 2006, namun sudah banyak yang berlubang dan bergelombang.

Bahkan, ada bahu jalan yang ambruk lantaran tidak dibuatkan siring atau dek beton penahan banjir. Selain dampak banjir, kerusakan juga akibat dilewati truk pengangkut tanah.

Begitu pula jalan masuk menuju ke Desa Teluk Betung, persis di pertigaan jalan. Sekitar 4 meternya rusak parah. Karena berada di dataran rendah, jalan tak beraspal itu kerap dilalui aliran Sungai Tabalong, sehingga berlobang-lobang.

Untuk bisa melewatinya warga setempat dibuatkan titian darurat dari bambu dan papan. Jalan menuju Desa Tambalang Kecil itu sampai saat ini masih terendam air sekitar 20 cm dan menjadi aliran sungai kecil hingga merembet ke halaman salah satu permukiman warga.

Syahlani, Kepala Desa Tambalang Kecil, mengaku sudah melayangkan surat permohonan perbaikan ke pemkab HSU. Namun, sampai sekarang belum direspon. "Kami sudah dua kali mengirim surat kepada bupati, minta segera diperbaiki," ujar Syahlani.

Syahlani menambahkan, ada kesalahan teknis dalam pembangunan jalan ini, karena yang dibangun lebih dulu di Desa Tambalang Tengah membuat jalan di Tambalang Kecil yang sudah beraspal rusak akibat sering dilewati truk besar.ori

No comments: