Friday, April 20, 2007

Wabup Tinjau Lokasi Rawan Banjir

Rabu, 28 Februari 2007
Radar Banjarmasin


BATULICIN ,- Musibah banjir yang sempat melanda sejumlah desa di Kecamatan Kusan Hulu (Lasung) dan Kecamatan Karang Bintang dan Batulicin, sepekan lalu, mendapat perhatian serius dari Wakil Bupati Tanbu H Abdul Hakim G.

Orang nomor dua di Kabupaten Bersujud ini langsung mendatangi lokasi banjir bersama Kepala Dinas Sosial Kesbanglinpemas H Abdul Gafar beserta jajarannyanya, Sabtu (24/2) pekan tadi, sekaligus memberikan bantuan berupa paket sembako yang layak untuk di konsumsi kepada masyarakat yang terkena musibah banjir. Bahkan, untuk memastikan kondisi warga benar-benar aman, rombongan harus bermalam selama dua hari bersama warga di lokasi banjir.

Untuk menuju ke lokasi banjir, rombongan menggunakan sebuah perahu Dolphin milik Dinas Sosial setempat yang merupakan bantuan dari Departemen Sosial Pusat. Hingga saat ini, Pemkab Tanbu telah memiliki 2 buah perahu evakuasi, yakni satu unit perahu karet dan satu unit perahu Dolphin. Ikut menyertai dalam kunjungan itu seperti anggota Tim SAR dan Tagana Kabupaten Tanbu.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kesbanglinpemas, H Abdul Gafar,

banjir yang melanda Kecamatan Kusan Hulu merupakan banjir

kecil, karena hanya mengakibatkan terhambatnya aktifitas warga.

Dipaparkannya, kategori banjir ada 3 macam. Pertama, banjir kecil yang salah satunya mengakibatkan terhambatnya aktivitas masyarakat. Kedua, banjir sedang yang dapat mengakibatkan rusaknya lahan pertanian bagi masyarakat. Dan ketiga, banjir besar yang dapat menimbulkan korban korban jiwa dan terendamnya pemukiman penduduk setinggi 80 cm hingga 2 meter.

Untuk menanggulangi bahaya banjir tersebut, dijelaskan Kabid Kessos Drs Anwar Salujang, alternatip pencegahannya ada 3. Pertama, merelokasi pemukiman penduduk ke tempat yang lebih aman atau dataran tinggi. Memperlebar aliran muara sungai dan melakukan pengerukan pada muara sungai. Membuat DAM agar dapat mengetahui curah hujan yang turun.

“Namun harus adanya keterkaitan pihak pemerintah, karena membutuhkan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, langkah pertama saja yang dapat ditempuh oleh pemerintah daerah,” jelasnya.

Selain meninjau banjir sekaligus memberikan bantuan yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Tanbu H Abdul Hakim G, kedatangan rombongan dalam rangka untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) Komonitas Masyarakat Adat Tertinggal (KAT) yang bermukim di Desa Karang Bintang, Desa Selisilau, dan sejumlah desa di Kecamatan Kusan Hulu. Dalam arahannya, Wakil Bupati Tanbu H Abdul Hakim G, meminta kepada seluruh warga yang terkena musibah banjir agar selalu waspada apabila musibah serupa terjadi lagi.

“Jangan pikirkan harta benda. Jika musibah banjir datang, yang lebih utama selamatkan jiwa,” pesan wabup. (kry)


No comments: