Friday, April 20, 2007

Air Makin Meninggi di Kota Amuntai

Radar Banjarmasin
Rabu, 18 April 2007

AMUNTAI ,- Kondisi air di dalam Kota Amuntai tampaknya semakin meninggi saja, menyusul banjir besar yang melanda Kabupaten Balangan. Banjir yang merendam 3 kecamatan di kabupaten tetangga tersebut berimbas ke daerah ini, lantaran ujung Sungai Balangan muaranya tepat di jantung Kota Bertakwa.

Dari pantau Radar Banjarmasin kemarin, volume air Sungai Balangan semakin tinggi dan arusnya sangat kuat, sedangkan warnanya pun kecoklatan-coklatan. Dapat dipastikan sejumlah desa yang berada di bantaran sungai ini terendam air, seperti di Desa Tambalangan dan Kelurahan Murung Sari.

Jalan utama yang menghubungkan Provinsi Kalsel dan Kalteng juga ikut terendam, tepatnya di Desa Pekapuran dan di Desa Panangkalaan Kecamatan Amuntai Utara. Di dua titik rendaman air ini, terpaksa kendaraan roda empat maupun roda dua berjalan lambat. Pengemudi dipaksa ekstra hati-hati, lantaran jalan yang menghubungkan ke daerah Kalua (Tabalong)-Ampah-Tamiang Layang-Buntok ini, aspalnya terendam air setinggi 10-20 centimeter. Arus airnya pun sangat kuat membelah jalan negara ini.

Kantor Polres HSU yang berada di Kelurahan Murung Sari pun ikut terendam air, mulai di depan jalan masuk hingga halaman kantor Polres. Demikian pula dengan Jalan Basuki Rahmat tepat di depan RSUD Pambalah Batung Amuntai mengalami hal yang sama, air setinggi 30 centimeter menggenangi salah satu jalan utama di kota ini.

Tapi halaman parkir rumah sakit milik pemerintah daerah ini masih kering. (bie)

No comments: