Wednesday, January 10, 2007

5 Kecamatan Terancam Banjir

Jumat, 29 Desember 2006 02:34
Kandangan, BPost
Lima kecamatan di Hulu Sungai Selatan, yaitu Daha Selatan, Daha Utara, Kandangan Kota, Angkinang dan Kalumpang terancam banjir kiriman.

Selain banjir kiriman curah hujan di HSS diperkirakan akan mengalami peningkatan drastis pada Januari sampai Februari 2007, membuat kabupaten ini harus waspada. Bencana banjir terparah, pernah melanda 5 kecamatan pada akhir tahun 2005. Saat itu hampir sebulan rumah warga, jalan dan sekolahan tergenang air.

Kabid bantuan pada Dinas Kesejahteraan Sosial Hairuddin menyatakan, pihaknya mewaspadai banjir sejak dini dengan berbagai persiapan. "Selain mewaspadai banjir kiriman juga waspada terhadap curah hujan yang meningkat," katanya.

Di Angkinang, daerah rawan banjir adalah di Wawaran, sementara di Kandangan Kota hampir tiap tahun banjir melanda daerah dangkal dan Tawar hingga perbatasan Daha Selatan.

Di Daha Selatan dan Daha Utara, banjir mengancam di daerah Hakurung Dalam yang berbatasan dengan Kecamatan Babirik HSU. Sedangkan Kecamatan Kalumpang, antara lain di Karang Paci, Bago Tanggul sampai Balimau.

Pihak Dinkessos akan melakukan koordinasi dengan Orari setempat agar komunikasi tetap jalan. " Orari akan segera menghubungi bila terjadi banjir," katanya. Aparat desa juga diminta segera melaporkan jika air meninggi, sehingga bisa segera dilakukan penanggulangan.

Warga yang tinggal didaerah rawan banjir diimbau untuk waspada. Dinkesos menyiapkan bantuan tanggap darurat serta peralatan operasional penanggulangan banjir berupa sembako dan 3 perahu karet bermesin, 2 speedboat, serta 12 pelampung. ary

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: