Sunday, December 24, 2006

LINTAS KALIMANTAN

Selasa, 28 Nopember 2006 02:11:14
PELAIHARI - Warga di wilayah Kecamatan Jorong dan Kintap Kab. Tanahlaut harus waspada menyusul tibanya musim penghujan. Diperkirakan banjir bandang bakal terulang kembali seperti tahun lalu.

"Dilihat dari gejala alam yang ada saat ini, banjir seperti tahun lalu berpotensi terjadi kembali," sebut Kabag Lingkungan Hidup Setda Tala Ir H Zulkifli Chalid, pekan tadi.

Pejabat eselon III di Bumi Tuntung Pandang ini, memang mengaku tidak mengantongi data empiris, seperti prakiraan intensitas curah hujan. Namun dilihat dari perilaku kemarau yang cenderung panas berkepanjangan tahun ini, biasanya akan diikuti dengan hujan berkepanjangan pada musim pernghujan.

"Bila kemarau panjang, maka akan terjadi balasan pada musim hujan. Begitu perilaku alam yang akhir-akhir ini terjadi. Jadi, kemungkinan akan banjir lagi," sebut Zulkifli.

Apalagi kondisi alam yang terus menurun. Tegakkan pohon semakin berkurang yang secara langsung akan berimplikasi pada kecilnya serapan air. Akibatnya ketika hujan, air akan mengalir deras ke bawah (hilir). roy

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: