Monday, December 25, 2006

Asap Selimuti Perumahan

Minggu, 03 Desember 2006 01:24
* Kebakaran lahan jalur Banjarmasin-Batola
* BPK kesulitan jinakkan api

Banjarmasin, BPost
Sabtu (2/12) siang, layanan telepon milik Barisan Sukarela Pemadam Kebakaran Banjarmasin berdering. Ketika diangkat, dari seberang terdengar suara seseorang minta tolong.

"Tolong Pak, ada kebakaran lahan. Apinya terus membesar dan sudah mendekati rumah warga dan sekolah," ujar si penelepon yang mengaku warga Puntik, Kabupaten Batola.

Tak lama kemudian, meluncurlah satu unit BPK Portable dari Sei Miai Tengah ke lokasi kebakaran yang berjarak sekitar 12 kilometer dari Kota Banjarmasin. BPK Semita datang tepat waktu, sehingga bangunan SD dan beberapa rumah warga terselamatkan.

Cuaca dua hari terakhir di Kota Banjarmasin dan sekitarnya memang panas menyengat. Api yang sebelumnya jauh dari perumahan warga tersebut dengan cepat membesar. Selain karena semak yang kering, angin berhembus sangat kencang.

Warga setempat berusaha memadamkan api dengan menggunakan cara manual. Mereka menyiram air ke semak yang terbakar dengan mengunakan ember. Sebagian lagi memukul-mukul dengan kayu. Namun usaha mereka sia-sia.

BPK Semita pun harus pontang-panting. Mereka harus melokalisir kebakaran agar tidak menjalar ke bangunan SDN Puntik Luar 2 dan perumahan. Namun, selesai di satu tempat, mereka harus memadamkan api di titik lainnya.

Beruntung tak lama kemudian BPK lain yakni, BPK Sei Miai Darat dan Ira Fire datang membantu. Dengan tiga unit, ternyata api tetap merajalela.

Akhirnya mereka memutuskan untuk melokalisir saja agar api tidak merambat rumah warga. Sayangnya, meski telah dikontak, tim dari Satkorlak Kalsel tidak ada yang turun ke lapangan.

Dalam waktu yang bersamaan, kebakaran di ruas jalan jalur Banjarmasin-Batola terdapat tiga titik. Akibat kebakaran lahan itu, jalan sempat tertutup asap pekat.

Belum kelar kebakaran di lokasi tersebut, instruksi melalui media radio Orari memanggil meminta bantuan mereka agar putar haluan ke Kompleks Taman Citra Raya, Desa Semangat Dalam, Batola yang berjarak sekitar lima kilometer dari lokasi semula.

Api yang membakar lahan di sekitar lokasi kompleks ini membubung tinggi dengan asap pekat. Warga setempat heboh karena, api telah mendekati perumahan. Bahkan, rumah-rumah di kompleks tersebut tak lagi terlihat karena tertutup asap.

Di lokasi ini, satu per satu BPK dari Kota Banjarmasin berdatangan membantu. Namun, mereka kesulitan dalam mencari sumber air. Beruntung, karena dikeroyok kru BPK yang tak kenal menyerah itu, api dapat dilokalisir.ais

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: