Wednesday, October 18, 2006

Telaga Langsat Membara

Sabtu, 16 September 2006 01:01

Kandangan, BPost
Kebakaran hebat melanda Desa Telaga Langsat Kecamatan Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Jumat (15/9) sore. Lima rumah warga ludes dilalap api.

Menurut informasi yang dihimpun BPost, pertama kali api muncul dari sebuah rumah di deretan lima rumah yang menjadi korban. Warga yang baru pulang dari bekerja di kebun dan pasar, terperangah melihat asap tebal membubung tinggi.

Pemilik rumah yang berdekatan dengan sumber api panik. Ada yang mencoba menyelamatkan hartanya, ada juga yang berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun karena dinding rumah terbuat dari papan kayu dan jaraknya satu sama lain berdempetan, api cepat menjalar. Warga tumpah ruah ke lokasi kebakaran.

Beruntung puluhan barisan pemadam kebakaran (BPK) segera berdatangan setelah menerima informasi dari warga. Lokasi kebakaran segera dikurung dari segala penjuru hingga akhirnya api mampu dijinakkan sehingga tak melebar ke wilayah lain.

Andai saja BPK tak segera datang, sebuah pabrik beras paling maju di Hulu Sungai Selatan yang dimiliki KUD Langkah Baru ikut terbakar. Pasalnya lokasi pabrik beras hanya berseberangan jalan dari lokasi kebakaran.

Setelah api habis, tinggalah puing-puing arang. Korban kebakaran hanya bisa meratapi musibah ini. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kapolres HSS AKBP Taufik Supriadi melalui Wakapolres Kompol I Made Wijana yang ikut memantau lokasi kebakaran mengatakan, dari hasil penyelidikan sementara, kebakaran akibat obat nyamuk yang lupa dimatikan.

"Warga di salah satu rumah lupa mematikan obat nyamuk. Tapi itu baru sebatas dugaan saja," kata Wijana usai kejadian.

Catatan BPost, kejadian kebakaran ini yang kedua kali terjadi di wilayah Kecamatan Telaga Langsat dalam bulan September ini. Sebelumnya sekitar 30-an hektar hutan percontohan dan ladang rakyat luluh lantak akibat api. ary

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: