Friday, February 16, 2007

Puting Beliung Mengancam

Senin, 08 Januari 2007 00:48

Banjarbaru, BPost
Meski badai isobel telah berhenti, ancaman bencana alam berupa terjangan angin puting beliung lokal diramalkan bakal menyerang Kalsel dalam beberapa hari ke depan.

Dwi Agus Priyono, Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Bandara Syamsudin Noor di Landasan Ulin Banjarbaru menyebutkan, pantauan satelit di tempatnya menangkap adanya pergerakan alam yang mengarah pada terjadinya angin dengan kekuatan besar. Angin berkekuatan hingga 30 knot masih berpotensi terjadi di Kalsel.

"Isobelnya sudah sangat jauh dari Kalsel. Energinya sekarang masuk ke daratan dan sudah hilang sama sekali. Yang rawan justru terjadinya angin puyuh atau puting beliung lokal," terangnya.

Potensi angin lokal di udara berpeluang lebih besar terjadi pada ketinggian antara 10 ribu hingga 15 ribu kaki dari permukaan laut dengan kekuatan 30 knot.

Di Kalsel, dominasi pola angin Utara Selatan masih memiliki kontribusi memunculkan serangan angin besar.

Jika angin datang dalam kondisi awan comulunimbus (CB) sedang aktif di daerah itu maka kemungkinan semakin memperkuat angin di daerah-daerah pertemuan.

Kekuatan angin itu bakal lebih dahsyat bila terjadi di daerah bebas hambatan seperti tanah lapang. Di perkotaan angin melemah karena terhalang rapatnya bangunan. niz

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: