Thursday, November 23, 2006

Petugas Cari Pembakar Lahan

Jumat, 20 Oktober 2006 01:33:13
Martapura, BPost
Pihak kepolisian belum bisa memastikan sumber api yang mengakibatkan kebakaran lahan di Kecamatan Simpang Empat sejak dua pekan lalu. Tidak adanya warga masyarakat yang menjadi saksi, menyulitkan penyelidikan oleh aparat.

"Kita mengalami kesulitan menentukan sumber api, karena masyarakat tidak ada yang mau bersaksi atau bercerita sehingga menyulitkan mengungkapnya," ujar Kapolsek Simpang Empat, AKP B Tampubolon, Kamis (19/10).

Namun, kapolsek meyakini api bukan terjadi tiba-tiba, melainkan ada warga yang membakar daun kering. Fatalnya, api menyebar ke belasan hektare lahan persawahaan yang siap panen.

"Kita menduga ada masyarakat yang usai panen membakar lahannya, karena angin kencang api makin melebar ke areal persawahaan tak jauh dari tempat itu," ucapnya.

Pihak kepolisian sendiri, lanjutnya, terus berusaha mencari tersangka pelaku pertamakali pembakaran. Tampubolon tidak berani memastikan apakah ada unsur sabotase dalam kasus kebakaran hutan ini atau bukan.

Sejumlah pengusaha memberikan bantuan sebanyak satu ton beras kepada petani yang lahan siap penennya terbakar. Bantuan beras tersebut dibagikan merata kepada seluruh masyarakat yang menjadi korban sehingga diharapkan penderitaan yang dialami masyarakat korban kebakaran menjelang Lebaran bisa dikurangi. adi

Copyright © 2003 Banjarmasin Post

No comments: